Beranda » Menciptakan Generasi Milenial Jatuh Cinta dengan Literasi Baca

Menciptakan Generasi Milenial Jatuh Cinta dengan Literasi Baca

Ilustrasi - Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Di zaman Generasi milenial seperti sekarang ini, teknologi terus berkembang pesat. Berbagai macam informasi bisa dengan mudah didapatkan dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Maka dari itu, generasi milenial sekarang tantangannya lebih besar. Perlu sekali untuk dapat memilah milih mana informasi yang baik dan tentunya faktual dan mana informasi yang mengandung hoax. Tentu dengan mencari informasi dari berbagai sumber dan tidak terpaku dengan satu sumber.

Dalam mencari informasi, Kita pun harus menerapkan budaya Literasi yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Namun saat ini muncul beberapa masalah tentang kurangnya budaya literasi. Seberapa perlu literasi? Apa kekuatan dari literasi dan evolusinya? Menerapkan literasi merupakan hak asasi manusia. Alat pemberdayaan pribadi dan sarana untuk pembangunan sosial dan manusia. Peluang pendidikan tergantung pada literasi.

Tentunya akan muncul sebuah pertanyaan, bagaimana menciptakan anak generasi milenial untuk dapat selalu ‘jatuh cinta’ terhadap literasi baca? cara paling mudah sekarang adalah terutama untuk generasi milenial yaitu dengan berusaha mendekatkan tahapan membaca lewat hal-hal yang mereka memang lakoni sehari-hari seperti lewat area digital. Agak membutuhkan usaha ekstra, memang. Namun, Tantangan literasi biasanya bukan pada minat bacanya yang kurang melainkan akses terhadap bahan bacaannya yang terbatas, terutama di daerah-daerah pelosok yang sangat sulit dijangkau.

Maka dari itu perlu sekali mengembangkan akses atau media bacaan, supaya generasi milenial sekarang ini bisa berkembang terus dan bisa menyebarkan juga minat dan kemampuannya masing-masing dan mereka juga perlu terus diberikan kepercayaan diri bahwa menulis itu penting dan untuk bisa menulis yang bagus itu perlu banyak membaca.

Bagikan Artikel Ini