Beranda » Perkembangan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Generasi Millenial

Perkembangan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Generasi Millenial

Ilustrasi - sumber foto : Dokumentasi Penulis

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai masyarakat untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya, bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa yang sering digunakan orang lain untuk berkomunikasi ataupun memberikan informasi menggunakan bahasa yang baik dan jelas. Bahasa juga termasuk merupakan salah satu sarana utama untuk berpikir dan juga untuk mengkomunikasikan ide secara ilmiah.

Ketaatan dan kedisiplinan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat diperlukan karena adanya pemakai bahasa Indonesia itu telah mengerti kaidah yang benar, tetapi tidak menggunakannya. Semakin kesini,zaman semakin canggih dan semakin pula banyaknya perkembangan pada tata kosa kata Bahasa Indonesia salah satunya pada generasi Era Millenial ini, yang penggunaan kosa katanya saat berkomunikasi semakin Gaul hehehe

Menurut saya dalam hal ini akan terus menerus terjadi munculnya kosa kata yang baru atau yang Gaul. Kemudian muncul teknologi masuk dengan cepat dan sementara kata-kata baru teknologi baru tidak dengan mudah diserap. Kosa kata bahasa Indonesia banyak sekali ditemukan di media sosial dari penggunaan kata dan kalimat yang tidak lagi formal, dari situlah remaja-remaja generasi era milenial bisa mencipatakan kosa kata bahasa Indonesia yang baru

Dilihat beberapa akun di media sosial seperti Instagram, Twitter dan lainnya, yang dilakukan generasi Millenial malah tidak berusaha untuk memperindah kosa kata bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Menurut saya,kaum millennial saat ini sangat “menyeleneh” membuat ragam baru bahasa dan kosa kata campuran yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Contoh berkembangnya kosa kata bahasa Indonesia pada generasi millennial ini, seperti

“ woi, sabi kali mabar tar malem” dari kalimat tersebut terdapat 2 kosa kata yang gaul dan biasanya digunakan anak-anak muda saat ini. Dari kata “sabi” artinya bisa (kata yang dibalik) dan pada kata “mabar” yang artinya main bareng. Dan masih banyak contoh kosa kata lainnya seperti :

  • Kating, yang artinya kakak tingkat (senior kampus)
  • Palkor, artinya julukan seorang yang berniat membeli sesuatu tetapi tiba-tiba tidak jadi atau tidak ada kabar dari pembeli tersebut.
  • PM, artinya Promote dan biasanya kosa kata ini digunakan pada sosial media

Bahasa Indonesia pada saat ini apalagi di generasi millennial, menjadi kurangnya anak-anak yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan sopan dan di tengah mengalami perubahan kalimat dan kosa kata tersebut jika dilihat dari tata cara penggunaannya, seperti contoh-contoh kalimat suka di ucapkan oleh anak-anak zaman era millennial ini, ada  yang tidak lagi tunduk pada kaidah kaidah atau aturan-aturan bahasa, tidak ada keteraturan dan  menyelipkan secara seenaknya atau secara suka-suka. Maka dari itu, gunakanlah kosa kata bahasa Indonesia dengan baik jelas, dan sopan.

Bagikan Artikel Ini