Beranda » Sosialisasi Penggunaan dan Manfaat Internet Terhadap Pelajar Pada Kegiatan PKM Mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Pamulang Di Rumah Pintar Al-Ikhlas Bhakti Jaya

Sosialisasi Penggunaan dan Manfaat Internet Terhadap Pelajar Pada Kegiatan PKM Mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Pamulang Di Rumah Pintar Al-Ikhlas Bhakti Jaya

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Tangerang, 06 Oktober 2021 Mahasiswa Universitas Pamulang Semester 7 fakultas Teknik jurusan Teknik Informatika telah dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Judul yang disajikan adalah “Sosialisasi Penggunaan dan Manfaat Internet Terhadap Pelajar”. Materi yang disampaikan merupakan Bagaimana pelajar dapat mengetahui pengetahuan, wawasan, manfaat dan dampak negatif maupun positif pada penggunaan internet dan pelajar dapat membedakan konten yang berisi pengaruh negatif serta memiliki skill dalam menggunakan internet untuk bersosialisasi secara sehat.dan memanfaatkan dengan baik.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Bapak Indra Cahya Firdaus S. Pd., M. Pd selaku Dosen Pembimbing, Bapak Bayu nur angga, S. Kom selaku Pengurus Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya. Dengan sambutan dari Bapak Indra Cahya Firdaus S. Pd., M. Pd dan Bapak Bayu nur angga, S. Kom berpesan agar kegiatan ini dapat memberikan semangat serta motivasi bagi generasi muda bangsa untuk selalu dalam kegiatan positif., Bapak Bayu nur angga, S. Kom selaku Pengurus Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya  sangat senang, karna selain agama anak didiknya juga mendapatkan ilmu tentang dunia yang bisa sebagai bekal untuk lebih baik kedepannya. Dan Remaja Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas dapat mengetahui Penggunaan dan Manfaat Internet Terhadap Pelajar. Selaku Dosen Pembimbing PKM yaitu Bapak Indra Cahya Firdaus S. Pd., M. Pd juga memberikan arahan khususnya kepada mahasiswa yang melakukan PKM ini agar bisa berkesinambungan kontribusi dalam peningkatan SDM yang berkualitas dan professional dengan cara humanis dan religious karena hal itu merupakan Misi Universitas Pamulang dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini diadakan karena ada keinginan dari Ketua Pimpinan Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas untuk diberikan pelatihan tentang Penggunaan dan Manfaat Internet. Dan juga dengan harapan pelatihan tersebut dapat menjadi bekal Remaja Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas dalam menggunakan internet supaya lebih bijak dan menggunakannya dalam hal positif. Dan juga menjadi bekal / informasi penting tentang Penggunaan dan Manfaat Internet bagi anggota Remaja Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas yang mayoritas masih dalam bangku pendidikan SD dan SMP yang mana pembelajaran ini tidak di dapat di sekolah.

Acara berjalan dengan baik dan interaktif dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dimana pada setiap sesi materinya diberikan pemaparan melalui presentasi Power Point yang ditampilkan melalui proyektor . Dan untuk pelaksanaan kita selama 1 hari , terbagi menjadi 3 sesi yaitu  sesi pengenalan, sesi pelatihan dan sesi doorprize.

Pada hari pelaksanaan, kita lalukan pengenalan dan pelatihan tentang Penggunaan dan Manfaat Internet. yang mana sesi pertama di lakukan pemaparan tentang apa saja Manfaat dari Penggunaan Internet, fungsi-fungsi dari Website dan Social Media, dan cara penggunannya. selanjutnya di lakukan pelatihan langsung atau praktek oleh Remaja Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas, dan acara terakhir kita juga memberikan sebuah doorprize untuk 3 orang yang bisa menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah di sampaikan sebelumnya, serta  sertifikat pelatihan untuk Pengurus Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Selatan sebagai perwakilan telah di adakannya Sosialisasi Penggunaan dan Manfaat Internet Terhadap Pelajar.

Program ini teselenggara atas kerjasama yang baik antara dosen, mahasiswa, Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas dan juga Perguruan Tinggi Universitas Pamulang.

Salam Manfaat, Salam Sehat Selalu di Masa Pandemi Covid-19

S1 Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini