Beranda » Peran Orangtua Dalam Pengembangan Bahasa Pada Anak

Peran Orangtua Dalam Pengembangan Bahasa Pada Anak

Ilustrasi - Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya, dan bahasa juga menghasilkan konsep dan kategori kategori berpikir. Selain itu bahasa juga merupakan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain bahasa juga berfungsi sebagai alat untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain.

Bahasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan, karena dengan bahasa seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dalam berkomunkasi, bahasa menjadi alat yang paling efektif untuk menyampaikan pesan atau maksud tertentu.

Pendidikan berbahasa di dalam keluarga merupakan salah satu hal yang penting bagi anak, melalui kedekatan fisik jalinan pendidikan berbahasa dapat disemai oleh orang tua ketika berinteraksi dan berkomunikasi. Orangtua memainkan peran penting pada setiap perkembangan bahasa. Jalinan komunikasi dapat dilakukan oleh ara orang tua sejak anak masih bayi, diantaranya mendengarkan musik lembut yang dapat merangsang fungsi pendengaran anak, dan mem berikan kenyamanan bagi anak dan sang ibu.

Bagi anak, pendidikan tidak hanya dimulai ketika anak memasuki dunia pendidikan formal, pendidikan di lingkungan keluarga merupakan tempat pertama bagi anak untuk belajar banyak hal. Pendidikan anak adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani
agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Motivasi dan intervensi orangtua dalam pengembangan bahasa anak akan mempermudah dan mempercepat perkembangan bahasa anak melalui pembinaan bahasa yang dilakukan oleh orang tua secara terarah, terencana dan berkesinambungan. upaya yang dapat dilakukan para orang tua untuk membantu perkembangan berbahasa pada anak yaitu:

• Mengenalkan kata sapaan yang baik dan benar dalam keluarga, seperti memanggil sosok ayah dan ibu dengan sebutan ayah, ibu, nenek, kakek dengan lemah lembut.
Dalam hal ini orang dewasa yang ada disekitar anak dalam keluarga dituntut untuk memberikan contoh yang baik ketika berinteraksi. Ketika akan pergi, anggota keluarga membiasakan berpamitan seperti “adek, ayah berangkat kerja dulu”, “nak,
tunggu sebentar ya ibu ke dapur ”. Kata sapaan “adek, nak” adalah salah satu contoh:
kata sapaan yang baik dilakukan oleh orang tua kepada anak.
~ Mengajak anak mengenal benda- benda disekitarnya misalnya: Buku, pensil, bola dan sebagainya.
~ Membacakan cerita atau mendongeng agar anak dapat belajar berkonsentrasi, dan mengembangkan imajinasinya.
~ Melatih pengucapan kalimat sederhana seperti: adek mau makan, adek mau tidur.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk stimulasi verbal yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak, diantaranya; mengajak anak bernyanyi, bercerita, menemani anak menonton televisi yang beredukasi, dan melatih anak melafalkan kosakata baru.

Bagikan Artikel Ini