Beranda » Pengabdian Masyarakat Rumah Yatim dan Pesantren Ruhama

Pengabdian Masyarakat Rumah Yatim dan Pesantren Ruhama

Pengabdian masyarakat adalah kegiatan aktivitas mahasiswa yang memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk membantu memajukan kesejahteraan masyarakat. Mahasiswa berperan sebagai kontrol sosial dengan memberikan ilmu, saran dan solusi untuk permasalahan di masyarakat.
IMG-20220906-WA0030.jpg
Dokumentasi pribadi.
Pada tanggal 24 Februari 2022, mahasiswa program S1 Sastra Indonesia Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan di Rumah Yatim dan pesantren Ruhama Bogor. Bertema mengatasi kebosanan dalam membaca cerita, mahasiswa mampu memberikan ilmu kepada adik-adik di Rumah Yatim dan pesantren tersebut.
IMG-20220906-WA0026(1).jpg
Dokumentasi pribadi.
Di susun oleh Syarif Rahman sebagai ketua, Elisabet Hana Kartika Lana (anggota), Anisya Nurlita (anggota) dan Muhammad Dwi Saputro (anggota) serta dosen pembimbing pak Sabri Koebanu,S.S.,M.Pd. menyusun kegiatan sehingga berjalan sesuai rencana, seperti pengarahan di pagi hari menyiapkan perlengkapan yang perlu di bawa, kata sambutan, materi tentang mengatasi kebosanan dalam cerita, sesi tanya jawab, kuis, pembagian hadiah, pembagian makanan, sesi dokumentasi dan doa penutup.
IMG-20220906-WA0029.jpg
Dokumentasi pribadi.
Tema mengatasi kebosanan dalam membaca cerita ini agar adik-adik di panti bisa dengan nyaman membaca cerita tanpa merasakan kebosanan. Kebosanan harus di hindari dengan melakukan hal-hal positif seperti membaca buku dan itu yang menjadi unsur dalam kegiatan masyarakat di Rumah Yatim dan pesantren Ruhama Bogor.
IMG-20220906-WA0023.jpg
Dokumentasi Pribadizkm
Kesan dan pesan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah setiap manusia dilahirkan dengan sempurna, namun setiap manusia memiliki takdir yang berbeda-beda. Sama dengan adik-adik di panti yang harus jauh dari sanak saudara tidak ada yang mau untuk kehilangan dan jauh dari orang yang paling di sayang, namun banyak hal positif yang dapat kita lakukan untuk mensyukuri hidup. Salah satunya dengan rajin membaca.
Bagikan Artikel Ini