Beranda » Dosen UNPAM Gelar Pelatihan Staff dan Guru di TKQ / TPQ AL Falah Desa Cibadung

Dosen UNPAM Gelar Pelatihan Staff dan Guru di TKQ / TPQ AL Falah Desa Cibadung

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kewajiban dosen adalah melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau yang dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Dosen Program Studi Sekretari D-III Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang  selama 3 (tiga) hari pada tanggal tanggal 21 Oktober sampai dengan 23 Oktober 2021 yang lalu, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an  (TKQ) & Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)  Al-Falah yang beralamat di Griya Bunga Asri Blok J, No. 14 Desa Cibadung Kecamatan Gunungsindur, Bogor dengan tema” Memotivasi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Al-Bana di TKQ/TPQ Al-Falah,  Griya Bunga Asri Desa Cibadung Kecamatan Gunungsindur, Bogor”.

Tim Pengabdi terdiri dari 5 (lima) orang dosen  dan 4(empat)  mahasiswa yaitu: [1] Riri Oktarini, S.E., M.M. [2] Sugiyarto, S.E., M.M. yang juga merupakan Ketua Program Studi Sekretari D-III [3] Harjoyo, S.E., M.M. [4] Waluyo, S.Pd., M.M. [5] Zaki Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Sedangkan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKM antara lain: [1]Widia Ulandari, [2] Rizky Ayunda, [3] Ena Junianti, [4] Cintya Anindita.

TKQ/TPQ Al-Falah adalah sebuah lembaga pendidikan informal yang didirikan pada tahun 2007 di perumahan Griya Bunga Asri Blok J. No. 14 Desa Cibadung RT.003/008 Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor. Sarana dan prasarana sekolah masih sangat sederhana dan merupakan alih fungsi rumah hunian menjadi tempat TKQ/TPQ milik Bapak Sutrisno Dewagono Murti, seorang purnawirawan Mabes Polri yang memberikan kepercayaan kepada Ibu Siti Rokhanah menjadi kepala sekolah untuk memanfaatkannya menjadi tempat pembelajaran Al-Qur’an.

Tim pengabdi merasa tertarik melakukan kegiatan PKM di TKQ/TPQ Al-Falah karena melihat guru/ustadzah  pengajar adalah perempuan-perempuan luar biasa. Mereka adalah ibu rumah tangga dan tidak memiliki berlatar belakang keguruan atau sarjana pendidikan, tetapi hanya  mempunyai pengalaman mengaji baik di pondok pesantren maupun pada guru mengaji biasa di kampung, tetapi mempunyai semangat pengabdian dan niatan ibadah yang sangat kuat untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya dalam hal membaca Al-Qur’an. Saat ini anak didik/santri yang belajar di TKQ/TPQ Al-Falah berjumlah 170 orang anak, bahkan 3 (tiga) bulan terakhir ini ada kelas khusus untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin belajar membaca Al-Qur’an.

Alasan penentuan tema “Memotivasi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Al-Bana di TKQ/TPQ Al-Falah,  Griya Bunga Asri Desa Cibadung Kecamatan Gunungsindur, Bogor”, adalah [1] Latar belakang dosen pengabdi adalah sebagian ilmu manajemen dan sebagian lagi pendidikan, [2] Memberikan support dan motivasi kepada para guru/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an karena mereka adalah relawan yang tidak mendapatkan upah/gaji. [3] Mengenalkan metode cara membaca Al-Qur’an  Al-Bana yang merupakan metode baca yang penuh inovasi dan kreasi dan kekinian dengan sentuhan pengetahuan untuk mempermudah proses pemahaman siswa.

Pelaksanaan pengabdian yang dilakukan selama tiga hari  yang dimulai dari Pkl. 09.00 sampai 15.00 WIB tersebut menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat baik bagi tim pengabdi maupun peserta. Pada hari pertama kegiatan PKM , ketua pengabdi, Riri Oktarini, S.E., M.M. menyampaikan rasa apresiasi yang luar biasa kepada para guru/ustadzah yang telah menjadi relawan dan pahlawan mencerdaskan anak bangsa khususnya  dalam membaca Al-Qur’an. Menurutnya “ Hasil kajian dan penelitian mendalam oleh organisasi pemuda Islam dan tokoh-tokoh pemuda Islam, dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 272, 2 juta jiwa,   87, 2 %  beragama Islam,  ternyata hanya 35 % saja  yang bisa membaca Al-Qur’an. Jadi,   65 % umat Islam di Indonesia  tidak bisa membaca Al-Qur’an, apalagi hafiz Al-Qur’an. Tentu data ini menimbulkan keprihatinan kita semua karena dari populasi umat Islam terbesar di dunia, ternyata hanya sebagian kecil yang bisa membaca Al-Qur’an. Dengan pengabdian ibu-ibu guru/ustadzah TKQ/TPQ Al-Falah ini semoga dapat memitigasi ketimpangan  tersebut”.

Dalam sambutannya kepala sekolah TKQ/TPQ Al-Falah , Siti Rokhanah mengatakan “Kami dari pihak TKQ/TPQ Al-Falah mengucapkan rasa terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Sekretari karena sudah berkunjung, bersilaturahmi dan berbagi ilmu kepada kami,  para guru yang memiliki pengetahuan dan kemampuan terbatas. Semoga acara pengabdian ini terus dapat dilanjutkan di waktu yang akan datang”.

Selama tiga hari  pelaksanaan pengabdian, para guru/ustadzah mendapatkan bimbingan dan materi terkait motivasi yang disampaikan pemateri Waluyo S.Pd, M.M. dan metode Al-Bana oleh Zaki Zainal Arifin, S.S. Mengutip yang disampaikan pemateri pertama Waluyo, S.Pd., M.M. menjelaskan “ Motivasi adalah dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi guru adalah berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat, pengabdian/ibadah dan mencerdaskan anak bangsa agar menjadi manusia yang berguna”. Sedangkan pemateri inti yaitu Zaki Zainal Arifin, S.S., M.Pd lebih fokus menyampaikan pengajaran bagaimana mengusai metode Al-Bana dengan cepat dan efektif.

“Saya menilai selama tiga hari pelaksanaan pengabdian,  ibu-ibu sudah cukup memahami dan memastikan dapat menyampaikannya kepada para santri   tentunya dengan pengemasan yang menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu sehingga anak didik termotivasi  belajar dengan cara/metode kekinian “ Ujarnya.

Tim pengabdi merasa terbantu dengan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat ini dari mulai mengedarkan absen kehadiran, membagikan minuman dan kue bagi peserta selama kegiatan, mendokumentasikan /pengambilan gambar sampai menjadi pembawa acara kegiatan.

Pada hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan dilakukan evaluasi pemahaman materi yang disampaikan dan alhamdulilah  rata-rata para guru dapat menjawab pertanyaan seputar materi di atas 70%. Acara dilanjutkan dengan kuis berhadiah yang dipandu oleh Harjoyo, S.E., M.M. Dari 10  pertanyaan kuis, berhasil dijawab dengan tepat sebanyak 6 pertanyaan dan penjawab berhak mendapatkan hadiah dari  tim pengabdi yang diserahkan  oleh ketua pengabdi. Sebelum acara ditutup,dilakukan penandatanganan Implementation Arrangement (IA) antara kedua belah pihak yaitu Prodi Sekretai D-III dengan TKQ/TPQ Al-Falah terkait kerja sama PKM dan Penelitian, kemudian  pemberian plakat dan foto bersama. (HJ)

Bagikan Artikel Ini