Beranda » Kiprah Mahasiswa Akuntansi D3 pada Pertumbuhan Ekonomi Negara

Kiprah Mahasiswa Akuntansi D3 pada Pertumbuhan Ekonomi Negara

Sebagai Acuan KUMKM dimasa yang akan datang, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah memiliki peta jalan (Roadmap) pengembangan koperasi dan UMKM 2021-2024. Menurut Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang ekonomi kerakyatan, M. Riza Damanik bahwa ada 6 indikator strategis untuk mewujudkan koperasi modern dan UMKM naik kelas serta sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Indikator tersebut adalah peningkatan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM, PDB koperasi, ekspor UMKM, pertumbuhan start-up koperasi, koperasi modern dan UKM naik kelas.

Tentu dalam menyusun ke 6 indiktor tersebut ada beberapa pertimbangan yang diperhatikan diantaranya adalah modalitas UMKM dan koperasi saat ini, kondisi ekonomi dalam dan luar negeri saat ini dan ke depannya, serta masukan-masukan yang datang dari berbagai pihak, termasuk para akademisi, asosiasi, pelaku UMKM dan koperasi serta daerah.

Berdasarkan Startup Rangking.Com, Indonesia saat ini sudah menempati posisi kelima negara yaitu 2.229 startup di bulan April 2021, hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam acara Shopee Talk bertajuk Muda Mudi Bangsa Bangkit Bangun Bisnis. Posisi pertama adalah Amerika Serikat, India, UK, Kanada kemudian Indonesia.

Sudah menjadi kewajiban dalam perguruan tinggi harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa perlu memahami apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentu saat ini mengalami sesuatu yang berbeda ketika menjadi pelajar dulu, saat ini mahasiswa yang notabene pengetahuannya lebih luas, keahliannya lebih mumpuni, serta daya analisisnya yang lebih tajam, diharapkan mampu mentransfernya dengan masyarakat yang membutuhkan.

Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda pemudi atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Untuk itu, Tri Dharma Perguraan Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi. Bukan hanya dosen, melaikan mahasiswa dan berbagai sivitas akademika yang terlibat.

Mahasiswa Akuntansi D3 Universitas Pamulang, pada tgl 06 November 2021 telah malaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pelaku UMKM yang ada di Pujasera Pengkolan yaitu pada Roti Bakar Difa dengan tema Pengaruh Era Digital Untuk Membantu Pelaku UMKM Dalam Membuat Buku Laporan Keuangan.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Andi Febrianto, sengaja mengangkat tema tersebut, karena kebanyakan pelaku UMKM belum menguasai pembukuan secara benar. Dalam materinya yang dibawakan oleh Riki Faizal sangat komprehensif, dimulai dari pengertian UMKM hingga bagaimana pelaku UMKM dapat mengikuti perkembangan zaman.

Hal senada juga disampaikan oleh Wardokhi,SE.,MM selaku dosen pembimbing akademik, bahwa “Bisnis itu adalah Angka, bukan Rasa”, jadi seorang pelaku usaha harus dapat mengelola sebaik mungkin keuangannya, sehingga dapat diketahui kinerja keuangannya, yang pada akhirnya dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan usaha, apakah untung, rugi? Apakah perlu buka cabang atau tidak ?

Menurut Fadhil Ismakun, selaku pemilik usaha Roti Bakar Difa bahwa Pelaksanaan Pengabdiaan Kepada Masyarakat ini, sangat bermanfaat karena dapat memberikan pengetahuan lebih tentang bagaimana implementasi pengelolaan keuangan usaha kecil yang baik dan simpel.

Harapan dari pelaksanaan PKM ini adalah ada nya manfaat yang luas, sebagai langkah nyata dan kepedulian mahasiswa dalam membantu pertumbuhan ekonomi disektor UMKM. Dengan pengetahuan pengelolaan keuangannya maka UMKM dapat naik kelas.

SALAM UMKM…….

Pengabdian Kepada Masyarakat

Mahasiswa Akuntansi D3 Universitas Pamulang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

)*Dibawah Bimbingan: Wardokhi.,SE.,MM

Bagikan Artikel Ini