Beranda » Implementasi Pemasaran Digital Pada UMKM Pamulang Estate

Implementasi Pemasaran Digital Pada UMKM Pamulang Estate

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah kegiatan yang meningkatkan pertumbuhan, pergerakan, dan pembangunan ekonomi. Kelompok usaha yang termasuk dalam UMKM adalah kelompok usaha kecil menengah dimana di Indonesia kelompok ini menempati posisi yang cukup dominan karena jumlahnya yang banyak.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah UMKM yang tercatat pada tahun 2018 sebanyak 64.194.057 atau 99,9% dari seluruh unit usaha di Indonesia. Dilihat dari data tersebut membuktikan bahwa UMKM memiliki kontribusi besar dalam menciptakan laju pertumbuhan ekonomi, sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat dan sebagai penyedia lapangan pekerjaan bagi banyak tenaga kerja.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu bersaing di pasar internasional agar tidak tertindas. Apalagi di era persaingan ini, para pelaku UMKM harus melek teknologi informasi (TI) agar lebih mudah memasarkan produknya ke luar negeri. Tercatat jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, sekitar 50 juta pelaku UMKM. Di era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk dapat tumbuh dan bersaing di era digital saat ini.

Melihat dari kebutuhan akan pengetahuan tersebut, pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2021 beberapa dosen Universitas Pamulang yang terdiri dari :

  1. Bpk Syamsul Muarif S.E., M.M.
  2. Bpk Yulianto S.E., M.M.
  3. Ibu Afridayani, S.E., M.M.
  4. Ibu Lyandra Aisyah Margie , S.S., M.M.
  5. Ibu Lindawati, S.E., M.M.

telah mengadakan PKM ( Pengabdian kepada Masyarakat ) yang ditujukan kepada pelaku UMKM di daerah Pamulang. Kegiatan ini bekerjasama dengan UMKM Pamulang Estate yang telah menggandeng banyak pelaku UMKM didaerah tersebut.

Pelaku UMKM yang bergabung diantaranya ada dari usaha dengan brand JV Love yang di prakarsai ileh Ibu Vivi sebagai pemilik. Usaha yang dikelola Ibu Vivi ini menghasilkan beberapa produk, dan yang menjadi produk unggulan adalah keripik kentang crispy dan kentang mustofa.

Dalam kegiatan PKM virtual tersebut para dosen bertindak sebagai nara sumber mengenai Implementasi Pemasaran Digital  yang akan disesuaikan dengan produk yang  dihasilkan oleh JV Love. Hal tersebut diantaranya pemaparan mengenai pentingnya masuk kepada dunia digital untuk mendobrak pasar, dilihat dari produk, kemasan, dan cara pemasarannya. Untuk cara pemasaran, JV love diarahkan untuk masuk kepada e-commerce yang diharapkan akan meningkatkan income setiap periodenya.

Dari kegiatan ini tentunya kita sama-sama berharap, dari kontribusi kecil yang diberikan semoga dapat membuahkan hasil yang maksimal bagi penggiat UMKM dalam mengelola usahanya, sehingga ekonomi kembali menggeliat naik terutama pada masa pandemic seperti sekarang ini.

Bagikan Artikel Ini