Beranda » Novel Gadis Garut

Novel Gadis Garut

Judul buku: Gadis Garut

Pengarang: Sayid Ahmad Abdullah Assegaf

Penerbit: PT LenteraBaristama, Jakarta

Tebal Halaman: 370 Halaman

Berat Buku: 500 gr

ISBN: 9789792433500

Fatat Qarut atau gadis garut merupakan salah satu novel yang monumental untuk kita nikmati. karya sastra tersebut dikarang oleh Sayyid Ahmad Abdullah Assegaf. Beliau dikenal sebagai wartawan, sejarawan, dan sastrawan keturunan Arab yang terkenal pada masa kemerdekaaan RI. Sayyid Ahmad bin Abdullah Assegaf, banyak menyerang pemerintah kolonial Belanda lewat tulisan-tulisannya.

Novel yang memberikan gambaran yang sangat menakjubkan bagi pembaca. Setiap percakapannya terdapat suatu pelajaran yang harus diambil sekaligus diamalkannya. Kesopanan dalam bertutur dapat dirasakan saat pembaca memahami makna katanya. Kemahiran menulis Sayyid Ahmad bin Abdullah Assegaf berhasil membuat pembaca benar benar merasakan apa yang terjadi di dalam nya. Sehingga pembaca selalu penasaran dengan setiap kelanjutan pada cerita cerita nya.

Novel gadis garut menceritakan perjuangan kisah cinta seorang Abdullah, seorang pemuda keturunan Arab dan tinggal di sebuah desa di kota Garut, Yang telah jatuh cinta dengan Neng sejak pertemuan pertamanya. Neng merupakan seorang gadis asal Garut yang fasih berbahasa Arab dan Sunda. Berbagai lika-liku dijalani keduanya, termasuk beberapa problematika keluarga dan sosial.

Dalam cerita nya Novel ini juga menggambarkan berbagai keindahan kota garut pada abad XX waktu itu. Meskipun novel ini bertemakan roman tetapi banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah cinta perjuangan abdullah dan neng ini. Seperti perlakuan orang tua neng yang sempat ingin menjual atau menjodohkan neng dengan pria berbangsa eropa yang bernama Van Ridijk, yang hanya ingin memanfaatkan harta nya agar kehidupan nya menjadi lebik baik. Van ridijk merupakan pengusaha sukses di betawi yang sedang berlibur dikota Garut. Sempat Neng menolaknya, Lalu Van ridijk dengan sifat nya yang buruk ia menjelek jelekan bangsa arab. Namun karena kepintaran dan kecerdasan neng, semua itu menjadi perdebatan yang sangat luar biasa namun neng tetap menjadi pemenang yang dapat membela bangsanya. Kepintaran dan kecerdasan neng dalam bertutur kata ini lah yang membuat abdullah terbuai buai hatinya sangat jatuh cinta kepada neng. Sehingga abdullah juga sangat yakin bahwa neng adalah jodoh yang dikirim tuhan untuknya.

Dengan keyakinan itu, abdullah tidak pernah putus asa untuk memperjuangkan cinta nya kepada neng. Meskipun banyak sekali rintangan yang harus ia lalui, Yang sangat sulit mungkin saat itu ketika abdullah Dijodohkan oleh paman nya, karena abdullah ialah orang yang sangat hormat dan nurut atas perintah paman nya, maka abdullah mau engga mau menerima perjodohan itu. Setelah nikah, abdullah sama sekali tidak merasakan kebahagian, karena perlakuan yang tak pantas oleh istri nya, Abdullah adalah orang yang sabar namun karena perilaku buruk istrinya tersebut ia tidak bisa menahan sabar nya dan ia menceraikan istri nya tersebut. Lanjut Abdullah kembali mengejar cinta sejati nya yakni kepada Neng. Masih ada rintangan lagi yang harus ia lalui. Ia terus berjuang sehingga pada akhirnya pun ia berjodoh dan dapat hidup bahagia bersama Neng.

Pada novel ini, penulis Benar benar mahir dalam menyusun alur ceritanya, sehingga kita pembaca dibuat benar benar merasakan ada didalamnya, serta membuat kita menjadi penasaran dengan setiap kelanjutan cerita nya. Pantas saja Novel ini Berhasil mendapatkan penghargaan. Novel ini Sangat cocok untuk pembaca yang suka dengan cerita roman, Selain ceritanya yang indah, Novel ini banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil didalam nya. Mungkin jika hanya membaca resensi saya ini, kalian pasti kurang puas karena singkat nya cerita yang saya sampaikan. Maka dari itu saya sarankan agar kalian langsung membaca novel nya. Karena sungguh sangat menarik novel ini untuk kalian nikmati.

Bagikan Artikel Ini