Beranda » Cara Lain Mengonsumsi Manggis Si Ratu Buah yang Berkhasiat

Cara Lain Mengonsumsi Manggis Si Ratu Buah yang Berkhasiat

Oleh: Aila Syifa

Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Email: aila.syifa21@mhs.uinjkt.ac.id

Tanaman hortikultura di Indonesia jenisnya sangat beragam, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman hias, hingga tanaman obat. Salah satu ciri dari tanaman hortikultura sendiri yaitu hasil panen yang mudah rusak, seperti pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Oleh sebab itu, perlunya penanganan yang tepat agar tanaman hortikultura dapat bermanfaat atau untuk mendapatkan nilai guna juga nilai tambah, tanaman hortikultura sendiri dapat diolah dengan menggunakan teknologi-teknologi canggih pada berbagai lini industri. Sehingga muncul berbagai produk olahan jadi maupun produk olahan setengah jadi yang berasal dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Salah satu contoh yang menjadi sumber dari berbagai produk olahan adalah buah manggis.

Manggis (Garcinia mangostana L.) mendapat julukan sebagai ratu buah karena bentuk buahnya yang bulat, kulit buah berwarna ungu, serta tangkai yang berwarna hijau tentu sangat memberikan kesan yang cantik dan menarik perhatian. Rasa dari buah manggis ini pun merupakan kombinasi antara rasa manis dan asam yang membuat pecinta buah semakin menyukainya. Tidak hanya itu, julukan sebagai ratu buah pun karena kandungan gizi yang ada pada manggis sangat memberikan khasiat terutama pada kesehatan dan kecantikan. Indonesia sendiri merupakan negara penghasil manggis terbesar di dunia setelah Thailand. Tentunya Indonesia sangat bangga bisa menghasilkan buah yang menjadi incaran seluruh dunia karena tidak hanya negara-negara di Benua Asia, melainkan negara-negara di Benua Eropa dan Amerika juga gemar mengonsumsi si ratu buah ini.

Seperti yang diketahui oleh semua orang bahwa manggis merupakan salah satu jenis buah-buahan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa manggis memiliki segudang manfaat antara lain, dapat mencegah penyakit kanker dimana senyawa xanthone dalam buah manggis yang memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi sehingga dapat membantu melawan penyebaran serta perkembangan sel kanker. Selain itu, buah manggis juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya nutrisi dan vitamin yang terkandung pada buah manggis seperti. vitamin C yang dapat meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih, serta serat yang akan menciptakan sistem pencernaan yang baik. Selain untuk kesehatan, manggis juga berkhasiat untuk kecantikan seperti, dapat menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat antibakteri, antimikroba, serta kandungan vitamin C yang tinggi dapat berperan untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Tidak hanya manfaat dari manggis yang jarang diketahui oleh banyak orang, tetapi beragam cara mengonsumsinya pun banyak orang yang belum mengetahui betul. Padahal selain dikonsumsi dalam keadaan segar, buah manggis ini bisa diolah menjadi berbagai olahan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan tujuan agar masyarakat tidak merasa bosan dengan manggis yang hanya dikonsumsi dalam keadaan segar. Produk olahan yang sudah banyak dikonsumsi oleh banyak orang adalah jus buah manggis dan sirup buah manggis.

  1. Jus Buah Manggis

Jus buah manggis adalah minuman segar yang terbuat dari daging buah manggis dan mengandung nutrisi termasuk xanthone sebesar 3,55mg/ 100ml jus buah manggis. Apabila seseorang tidak begitu menyukai buah manggis dalam keadaan segar, jus buah manggis ini bisa dibuat untuk menyiasatinya agar tetap mendapatkan nutrisi dari buah manggis itu sendiri walaupun tidak mengonsumsinya dalam keadaan segar. Cara membuat jus buah manggis ini pun terbilang cukup mudah yaitu dengan mengupas kulit buah manggis kemudian masukkan daging buah beserta biji buah manggis, air, dan gula pasir ke dalam blender. Seletah semuanya tercampur dengan halus, saring jus buah manggis agar biji buah manggis tidak ikut terkonsumsi. Untuk penyuka minuman dingin pun bisa menambahkan es batu ke dalam blender pada saat membuat jus buah manggis.

  1. Sirup Buah Manggis

Warna merah dari sirup buah manggis tidak menggunakan pewarna buatan, melainkan berasal dari ekstrak kulit buah manggis itu sendiri. Sirup buah manggis dapat dijadikan sebagai minuman sehat karena mengandung xanthone yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya penambahan ekstrak kulit buah manggis yang digunakan sebagai pewarna sirup, dihasilkan lah sirup buah manggis dengan kandungan xanthone yang mencapai 104,05mg/ 100ml sirup buah manggis.

Selain daging buahnya yang dapat diolah untuk dikonsumsi, ternyata kulit buah manggis juga dapat diolah menjadi produk olahan sehingga bisa untuk dikonsumsi pula oleh banyak orang. Kulit buah manggis diketahui memiliki jumlah rendemen yang lebih besar daripada daging buahnya, yaitu sebesar 66,67% dan tersusun atas senyawa polifenol yang cukup banyak di antaranya, antosianin, tannin, xanthone dan senyawa asam fenolat. Macam-macam produk olahan dari kulit manggis, yaitu es krim kulit manggis, teh kulit manggis, kopi kulit manggis, sampai suplemen kesehatan.

  1. Es Krim Kulit Manggis

Saat ini es krim merupakan produk yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun, inovasi penambahan serat dan antioksidan ke dalam es krim belum banyak dikembangkan. Sehingga beberapa tahun silam mahasiswa dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan berencana membuat es krim dari kulit manggis. Para mahasiswa mencoba salah satu resep es krim berbahan sederhana, kemudian ditambahkan dengan kulit manggis yang telah dihaluskan, dan hasilnya cukup memuaskan. Rasa es krim kulit manggis ini pun terbilang enak dan tidak terasa pahit seperti rasa kulit manggis sebelum diolah. Es krim kulit manggis ini diproduksi dengan harapan dapat menjadi alternatif pangan fungsional yang dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap konsumsi asupan antioksidan dengan warna dan rasa es krim yang menarik, nilai gizi tinggi, juga terjangkau bagi semua kalangan.

  1. Teh Kulit Manggis

Teh yang mungkin menjadi minuman wajib bagi sebagian orang, tentunya akan sangat diminati apabila adanya inovasi-inovasi dari produk teh ini, terutama teh kulit manggis. Cara membuat teh kulit manggis tentunya sangat mudah, yaitu bisa dengan merebus kulit manggis hingga mendidih dan dapat pula ditambah dengan madu ataupun gula. Tetapi, jika ingin membuat teh kulit manggis untuk jangka waktu yang lama bisa dengan cara lain yaitu dengan menjemur kulit manggis lalu potong menjadi bagian yang lebih kecil. Setelah itu, simpan kulit manggis ke dalam wadah kering dan tertutup rapat agar tidak ada jamur yang dapat tumbuh dan berkembang di dalam wadah. Saat hendak dikonsumsi barulah kulit manggis kering tersebut direbus hingga mendidih kemudian teh kulit manggis siap dinikmati. Teh kulit manggis dipercaya dapat membunuh sel kanker, juga menjaga kesehatan jantung. Sehingga bagi siapa pun yang mengonsumsinya akan mendapatkan khasiat yang besar.

  1. Kopi Kulit Manggis

Ada kabar baik untuk pecinta kopi bahwa belum lama ini muncul inovasi baru dari pasangan suami istri bernama Hariadi dan Handayani yang tinggal di Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur yaitu kopi kulit manggis. Kopi kulit manggis ini memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan kopi pada umumnya, tetapi sebenarnya tidak ada campuran kopi sama sekali di dalamnya. Kopi kulit manggis pun diyakini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit wasir, kolestrol, asam urat, hingga darah tinggi.

  1. Suplemen Kesehatan

Kini sudah hadir produk suplemen kesehatan yang mana terbuat dari kulit manggis yang diekstrak. Biasanya suplemen kesehatan ini dapat berbentuk kapsul ataupun bubuk yang tentunya sangat bermanfaat apabila dikonsumsi oleh semua orang. Suplemen kesehatan ini pun sudah banyak dijual di e-commerce ataupun toko-toko obat sehingga mudahkan siapa pun yang hendak membelinya.

Cara mengonsumsi buah manggis sudah cukup beragam dengan inovasi-inovasi produk olahan yang terbuat dari buah manggis itu sendiri. Sehingga membuat siapa pun yang mengonsumsinya tidak akan merasa bosan. Selain itu, produk olahan dari buah manggis sudah tentu bermanfaat bagi kesehatan, karena adanya xanthone yang merupakan salah satu senyawa antioksidan yang terkandung pada buah manggis dimana salah satu manfaatnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker.

Bagikan Artikel Ini