Beranda » Pola Hidup Sehat di Era Pandemi

Pola Hidup Sehat di Era Pandemi

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona menyebar dari orang ke orang lain melalui droplet yang keluar dari mulut atau hidung (bersin, batuk, atau saat berbicara) yang mengenai seseorang atau jatuh ke permukaan benda di sekitar dan kemudian tersentuh oleh orang lain.
Di Indonesia angka kematian karena terjangkit virus corona mencapai 143.000 jiwa dengan kasus 4,24 juta, namun presentase kesembuhan dari virus corona telah berada pada level 91,42 persen lebih tinggi dibandingkan pada periode Juli 2021 yang angka kesembuhannya sempat turun hingga 78,6 persen.
Kebiasaan dengan pola hidup yang sehat di masa pandemi ini penting untuk dijalankan, khususnya di Indonesia. Untuk memutuskan rantai penyebaran virus ini bisa dengan membiasakan diri pribadi untuk menerapkan kebiasaan memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, mengurangi bepergian ke luar rumah, mengurangi pertemuan secara langsung dengan orang lain.
Selain itu, Gaya hidup sehat pun sebaiknya harus diterapkan di usia dini demi menekan risiko masalah kesehatan. Sudah tentu semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat. Menjaga kesehatanpun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.
Pola hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan.
Terdapat juga cara pencegahan agar terhindar dari covid-19. Apakah sangat penting untuk mencegah virus corona agar tidak menular kepada kita? Ya, tentu sangat penting. “Mencegah lebih baik daripada mengobati,” ucap Desiderius Erasmus
 
Daripada mengobati lebih baik mencegah terlebih dahulu, karena kesehatan itu mahal. Tetapi menjaga kesehatan itu mudah. Selalu menjalankan pola hidup sehat merupakan upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.
Meningkatkan imun tubuh dengan cara mengatur pola makan, mengkonsumsi tinggi vitamin dan mineral, serta buah sayur yang tinggi akan anti oksidan, perlunya mengkonsumsi protein yang tinggi dan asam amino. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat-zat bergizi tentunya tubuh akan menjadi kebal karena imun di dalam tubuh sudah di kuatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Hendaknya melakukan aktivitas jasmani yang benar dan dalam waktu yang tepat dapat membuat tubuh menjadi bugar.
Komponen kebugaran jasmani adalah faktor penentu derajat kondisi setiap individu.
Sikap terhadap tempat tinggal dan lingkungan dengan melakukan beberapa aktivitas seperti memperhatikan tempat tinggal yang terkena sinar matahari, sirkulasi udara yang maksimal, membersihkan pekarangan rumah secara teratur, jalankan protokol kesehatan di rumah dengan cara menyiapkan handsanitizer, masker tiga lapis, dan tak lupa juga sabun untuk mencuci tangan sebelum memasuki area dalam rumah.
Angka mortalitas dan morbiditas tentang penyakit covid-19 belum dapat dipastikan secara keseluruhan karena infeksi virus belum ditetapkan dengan pasti.
Sementara tingkat fatalitas kasus covid-19 mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu dalam masa pandemi virus corona ini. Perbandingan infeksi yang berkembang menjadi penyakit yang dapat di diagnosis meski pun belum jelas. Namun, penelitian pendahuluan yang dilakukan para ahli telah menghasilkan dan memberi rekomendasi tingkat kematian kasus covid-19 antara 2% hingga 3%, sementara WHO telah mengusulkan tingkat kematian covid-19 dengan sekitar 3%. Mengatasi ketidak pastian tentang covid-19, sehingga diperlukan merencanakan kehidupan yang lebih baik pasca pandemi ini salah satunya di Indonesia adalah dengan wajib vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas.
Pandemi covid yang terjadi saat ini membuat kita terpaksa harus membatasi aktivitas di luar rumah. Akibatnya kegiatan belajar dan bekerja pun harus kita lakukan dari dalam rumah, guna menghindari kerumunan dan berkumpul di tempat yang ramai. Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi covid-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, sehingga tidak lebih dan tidak kurang. Dapat menerapkan konsep “Piring Makanku” yang memenuhi kaidah gizi seimbang.
Memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur, agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Pastikan tidak bergadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan. Selain cukup istirahat, pastikan diri selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup (rata-rata 8 gelas/hr). Kebiasaan mengkonsumsi makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energi dan produktivitas, hal ini juga akan menjaga dari kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh.
Selain mengatur pola makan, aktivitas fisik tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh. Ada banyak macam olah raga yang bisa kita kerjakan di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat peraga apapun. Hal ini akan menyempurnakan perubahan pola hidup sehat kita untuk kedepannya. Berolahraga dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Jenis olahraga yang banyak dilakukan selama masa pandemi covid-19 adalah dengan cara senam, jogging dan bersepeda. Sedangkan untuk aktivitas fisik di rumah dilakukan dilakukan dengan membersihkan rumah dan memasak. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat sudah seharusnya diterapkan oleh semua orang.
Gerakan ini merupakan wujud perilaku yang baik karena merupakan langkah tepat dalam penanggulangan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu penerapan budaya pola hidup bersih dan sehat harus menjadi kebiasaan utama di lingkungan rumah tangga. Rumah tangga menjadi pilar utama ketika masa pandemi ini, karena semua kegiatan sebagian besar berada di dalam rumah atau work from home. Di rumah setidaknya harus ada tempat cuci tangan dan sabun sebelum masuk ke dalam rumah. Membiasakan mandi dan anti baju setelah berpergian dari luar rumah.
Berbagai cara dan tips mudah dilakukan untuk membuat hari-hari selama di rumah akibat pandemi virus corona ini tetap produktif.
Mulai bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas lainnya. Satu hal penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondiisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik dan tidak mengalami gangguan. Hal itu berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Seperti diketahui, imun yang rendah mungkin akan mengakibatkan mengalami gangguan fisik dan mental, justru berpotensi membuat kita rawan terinfeksi virus corona.
Jadi yang terpenting, selain memperhatikan pola makan dan pola hidup yang baik, wajib juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, yaitu memakai masker, tetap jaga jarak, memakai handsantizier dengan kadar alkohol minimal 60% dan kebiasaan sering cuci tangan pakai sabun. Dengan demikian kita berharap bisa melindungi diri dan orang sekitar kita dari virus corona.
Bagikan Artikel Ini