Beranda » Kegiatan Distribusi Bantuan Komunitas Gusdurian Bagi Masyarakat yang Terdampak Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang

Kegiatan Distribusi Bantuan Komunitas Gusdurian Bagi Masyarakat yang Terdampak Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Posko saling jaga Gusdurian Tangerang mendapatkan tugas untuk mendistribusikan bantuan, berupa sembako yang berjumlah 100 paket dari team kerja Narasi TV. Gusdurian sendiri merupakan komunitas yang didirikan oleh anak Dari Almarhum Abdurahman Wahid atau Gusdur yaitu Mbak Alissa Wahid dengan tujuan untuk saling perduli terhadap sesama dan memberikan edukasi tentang kemanusiaan.

Salah satunya Gusdurian Tangerang yang ikut ambil andil berkontribusi dalam kegiatan untuk pendistribusian bantuan sembako bagi masyarak yang terdampak akibat pandemi Covid-19 khususnya di Kota Tangerang.  Pada pandemi Covid-19 yang melanda hampir dari seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.

Dimana dampak pandemi ini sangat terasa sekali bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat menengah kebawah. Kota Tangerang termasuk salah satu yang terdampak Covid-19. Menurut badan statistik penangan Covid-19, Tangerang sendiri termasuk dalam zona merah.

Berikut data statistik pasien yang terdiagnosis :

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah berhasil menekan penyebaran Covid-19. Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat Dody Ruswandi mengatakan, PSBB telah menunjukkan hasil yang baik di beberapa daerah, seperti Makassar dan Jabodetabek. “Secara umum PSBB berhasil, ” kata Dody dalam Rapat Dengar Pendapat virtual dengan Komisi VIII DPR, Selasa
(20/5).

Dampak Covid-19 sangat mengganggu perekonomian warga, dimana warga sama sekali tidak dapat beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari – hari. Menurut Adit (24). Posko Saling jaga Gusdurian Tangerang berperan sangat penting untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat di kota tangerang. Apalagi bantuan yang diberikan oleh pemerintah sangat minim  dan Sampai saat ini Covid-19 masih menghantui masyarakat. Kita sebagai wajib mendengarkan himbauan dengan menerapkan protokol pada diri seperti menggunakan masker pada saat keluar rumah, selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan dan menjaga jarang satu sama lain.

Semoga pandemic Virus Covid19 ini bisa segera berlalu dan masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan normal. Sebagaimana kita ketahui Pandemi Covid 19 bukan hanya mengancam  kesehatan melainakan, mengancam ekonomi masyarakat khusunya masyarakat menengah kebawah yang di mana pandemi ini menghambat pencaharian mereka untuk kebutuhan ekonomi sehari – hari. Salah satu tujuan dalam kegiatan ini yaitu agar dapat mengurangi kesulitan dan sama – sama untuk saling membantu satu sama lain agar mampu melawan dan bebas dari pandemi Covid 19 yang sedang melanda saat ini.

Penulis, Muhammad Agus Salim Mahasiswa Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini