Beranda » Indonesia dalam Keberagaman Etnis dan Bahasa

Indonesia dalam Keberagaman Etnis dan Bahasa

Bahasa Adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk berinteraksi. Termasuk dalam alat komunikasi verbal. Setiap negara di dunia memiliki bahasanya tersendiri. Mulai dari bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Mandarin dan lainnya. Namun, dalam satu negara bukan berarti hanya memiliki satu bahasa saja. Ada puluhan hingga ratusan bahasa yang di dimiliki sebuah negara.

Tahukah apa itu etnis?

Etnis atau suku bangsa adalah suatu golongan atau kelompok manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Dan kita pun di kelompokkan ke dalam etnis etnik.

Apakah kalian tahu perbedaan etnis dan ras itu apa?
“Etnis menekankan perbedaan antar-manusia berdasarkan bahasa dan budaya,”. Sedangkan “ras merupakan “bawaan biologis” yang diturunkan lintas generasi”. Sedangkan ras dimengerti masyarakat sebagai gabungan dari atribut fisik, perilaku, dan kultural
Ini dia beberapa nama suku di Indonesia yang populer di Indonesia
Suku Jawa
Merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Indramayu, Kabupaten/Kota Cirebon (Jawa Barat) dan Kabupaten/Kota Serang–Cilegon (Banten).
2. Suku Sunda
Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, dengan istilah Tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat & Banten.
3. Suku Batak
Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia, yang berasal dari Sumatra barat dan Sumatra Utara.
4. Suku Bugis
Suku Bugis merupakan kelompok etnik dengan wilayah asal Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, Sulawesi tenggara dan Sulawesi tengah.
Suku Bugis
Suku Bugis merupakan kelompok etnik dengan wilayah asal Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, Sulawesi tenggara dan Sulawesi tengah.
5. Suku Asmat
Suku Asmat adalah sebuah suku di Papua.
6. Suku Ambon
Suku Ambon (Ambon: orang Ambong) adalah sebuah suku campuran Austronesia-Papua yang berasal dari Kepulauan Ambon-Lease dan sisi barat Pulau Seram.
7. Suku Dayak
Suku Dayak adalah suku bangsa atau kelompok etnik yang mendiami pedalaman pulau Kalimantan.
8. Suku bali
Suku Bali adalah suku bangsa mayoritas di pulau Bali
9. Suku Minang
Suku Minang berada di Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi yang terletak di sepanjang pesisir pulau Sumatera.
10. Suku Betawi
Suku Betawi adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang penduduknya umumnya bertempat tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya
Itulah nama-nama suku yang populer di Indonesia, jadi kalian termasuk ke dalam suku apa ni?
Nah! Itu dia sedikit informasi mengenai etnis yang ada di Indonesia yang dapat kita pelajari bersama. Indahnya keberagaman etnis tidaklah sulit untuk kita saling toleransi. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai etnis di Indonesia. Teruslah saling menjaga agar tetap utuh dan harmonis.
Bagikan Artikel Ini