Beranda » Pandangan Situasi Etis di Dunia Modern

Pandangan Situasi Etis di Dunia Modern

Etika termasuk filsafat, tapi diantara cabang tersendiri. Etika sendiri termasuk kedalam filsafat praktis karena cabang ini berhubungan langsung dengan perilaku manusia. Perlu diakui juga, etika yang disebut sebagai filsafat praktis ada batasnya juga. Misal, mahasiswa yang memperoleh nilai bagus di mata kuliah etika, belum tentu dalam perilakunya menjalankan tindakan yang etis. Bisa saja, nilai terbaik yang didapat dari contekan mahasiswa lain. Atau para pebisnis yang memiliki pengetahuan dan mendalam tentang etika bisnis, belum tentu menjalankan usahanya mengambil keputusan etis yang tepat.
Pengalaman serupa seperti itu sudah banyak terjadi yang bukan hal baru. Di masyarakat tradisional pun, hal tersebut sering terjadi. Seiring berjalannya waktu, masyarakat tradisional itupun hampir tak lagi eksis. Terlihat pada kebiasaan masyarakat tradisional yang mulai hilang dan hal etis menjadi abu-abu.

Pandangan situasi etis di dunia modern ini memiliki ciri yang khas. Pertama, adanya pluralisme moral. Adanya perkembangan teknologi memaksa kita menerima informasi yang bersamaan dengan norma dan nilai dari masyarakat lain. Disinilah pencampuran moral dan nilai menjadikan masyarakat memiliki pluralisme moral yang saling menghargai satu sama lain.
Kedua, adanya masalah etis baru. Salah satunya adalah masalah yang timbul dari perkembangan ilmu medis. Seperti, proses bayi tabung, donor sperma atau penyewaan rahim. Yang akhirnya menjadi perdebatan panjang tentang etis tak etis kah hal tersebut dilakukan.

Dan yang terakhir, kepedulian etis yang terjadi di dunia melewati perbatasan negara. Kita, sekarang, menyaksikan terjadinya gerakan perjuangan moral yang sangat aktif. Terlihat di Palestina, ketika masyarakat Palestina sedang memperjuangkan hak mereka, kita di Indonesia mendukung perjuangan pergerakan mereka.
Situasi moral di dunia yang modern sekarang mengajak kita untuk lebih mendalami dan mempelajari etika secara lebih lanjut lagi. Studi etika sendiri sangat mampu dalam mengatasi kesulitan moral yang sekarang dihadapi melalui pemikiran rasional kita bersama demi mencapai kesepakatan di bidang moral yang lebih baik.

Bagikan Artikel Ini