Beranda » Kegiatan PKM Secara Daring di Masa Pandemi COVID-19

Kegiatan PKM Secara Daring di Masa Pandemi COVID-19

Penting nggak sih, ikut-ikutan kegiatan PKM untuk mahasiswa?. Biasanya mahasiswa yang baru pertama kali mengikuti kegiatan PKM bertanya seperti itu.

PKM adalah singkatan dari Program Kreatifitas Mahasiswa. PKM itu sendiri merupakan tempat/wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensi, seperti mengajar ilmu pengetahuan umum atau memberikan keterampilan seni yang dapat menambah wawasan masyarakat.

Dalam kondisi pandemi ini mungkin kita sangat sulit untuk mendapatkan tempat PKM secara tatap muka, tetapi dengan kemajuan teknologi dan komunikasi kini PKM dapat dilakukan secara daring dengan fasilitas yang telah disediakan.

Bagaimana melalukan PKM secara daring ini? Kita cukup siapkan laptop atau handphone. Target PKM yang saya maksud adalah anak tingkatan SD, SMP, dan SMK kalian bisa membagi kelompok terdiri dari 2 kelompok misalnya agar tidak terlalu padat dan tetap jaga jarak, yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang dan kita mahasiswa menyiapkan materi dalam bentuk Microsoft Power Point yang menarik dan simple agar PKM berjalan dengan kondisi kondusif dan aktif. Kita juga bisa menyiapkan pertanyaan dengan hadiah yang akan kita kirimkan melalui jasa pengiriman barang, agar PKM tetap berjalan dengan aktif dan tidak membosankan. Dengan begitu majunya teknologi memudahkan kita tetap aktif dan berkreativitas tanpa batas.

Dengan adanya PKM daring ini kita mahasiswa generasi pandemi COVID-19 tetap mampu menyalurkan potensi, berbagi, dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Dengan adanya fasilitas yang memudahkan kita dalam berinovasi, tidak lagi ada alasan pandemi COVID-19 ini menjadi penghambat kita dalam proses pendidikan, berkomunikasi, berbagi, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak.

Kita mampu menyalurkan bantuan melalui jasa pengiriman barang, mampu menyalurkan ilmu pengetahuan melalui meeting zoom, google meet dan sebagainya.

Oleh sebab itu pandemi COVID-19 ini bukan penghambat bagi kita mahasiswa untuk melakukan PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa guna memberikan kita tempat untuk mengasah potensi, melatih keberanian, menyalurkan ilmu yang di dapat dalam perkuliahan, menambah pengalaman mahasiswa, dan yang terpenting guna menumbuhkan rasa sosialisasi yang tinggi dalam diri mahasiswa sehingga kelak menjadi masyarakat yang aktif dalam organisasi dan cerdas dalam ilmu akademik/nonakademik. Menjadikan mahasiswa yang aktif dengan menjadi lulusan unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, dan produktif.

Yuuu, semangat untuk mahasiswa generasi COVID-19 😉.

Bagikan Artikel Ini