Beranda » Hidup Berdampingan dengan Social Media

Hidup Berdampingan dengan Social Media

Perkembangan social media sangat terasa di lingkungan kita. Saat ini, dampak positif dari social media memang sangat bagus, karena bisa menambah wawasan, pengetahuan dan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan. Dari social media kita dapat dengan sangat mudah menemukan seluruh informasi yang kita butuhkan. Salah satu social media yang banyak digunakan saat ini yaitu twitter, facebook, Instagram, tiktok, dan lain-lain.

Pengertian Etika

Kata etika berasal dari Bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti tampak dari suatu kebiasaan (Bertens, 2011). Pengertian etika adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku (Davis, 2006). Penerapan norma ini sangat erat kaitannya dengan sifat baik dan buruknya seseorang dalam berkehidupan bermasyarakat.

Pengertian Budi Luhur

Budi luhur merupakan sikap yang dapat dilihat dari ucapan, sifat, tingkah laku, dan perbuatan. Berbudi luhur dapat dilihat dari bagaimana sikap atau Bahasa tubuh kita dan perbuatan kita terhadap orang lain, baik itu ekspresi wajah, cara berjalan, gerakan tubuh, dan gaya bicara. Perbuatan yang kita lakukan juga harus membuat senang bagi kedua belah pihak baik itu yang memberi ataupun yang menerima.

Pengertian ICT

ICT adalah Information Communication Technology atau TIK, merupakan salah satu ilmu yang mempelajari komputer, karena komputer memiliki banyak fungsi yaitu mengolah data, mencari materi, menyajikan informasi, dan aktivitas lainnya. Di zaman sekarang komputer dan internet merupakan kebutuhan yang diperlukan semua orang.

Social Media dalam kehidupan sehari-hari

Saat ini social media menjadi jembatan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bukan lagi hanya berbagi kesenangan atau sekedar memberi kabar gembira tetapi juga sebagai media curhat untuk menarik simpati pengguna lain. Dengan adanya momentum ini banyak pengguna yang akhirnya tidak menyadari perbuatan yang dilakukan dapat merugikan orang lain atau bahkan dapat merugikan dirinya sendiri di lain hari.

Banyak pengguna/pegiat social media yang mengunggah curhatannya untuk kepentingan pribadi dan mempengaruhi banyak orang dengan ujaran kebencian yang diunggah. Banyaknya informasi yang di dapat dan tidak dapat di validasi kebenarannya, membuat kita kurang mem-filter informasi yang diterima dan akhirnya kita terbawa arus kedalam kebencian yang dibuat secara sengaja ataupun tidak sengaja untuk menjatuhkan orang lain atau kelompok. Perbuatan ini dapat menghancurkan harmonisasi yang seharusnya dijaga dalam berkehidupan di internet.

Saran penulis sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakan social media, karena unggahan yang kita punya mungkin akan menyakiti orang lain atau bahkan menjadi boomerang untuk diri sendiri. Kita juga harus lebih berhati-hati saat menerima informasi dan mencari kebenaran informasi tersebut.

Dibuat Oleh: Ravi Yontiputra (2211600503), Mahasiswa Universitas Budi Luhur, Program Magister Ilmu Komputer

Bagikan Artikel Ini