Beranda » Keragaman Variasi Ragam Bahasa dalam Suatu Daerah

Keragaman Variasi Ragam Bahasa dalam Suatu Daerah

Apakah kalian tau definisi variasi ragam bahasa yang dipelajari dalam ilmu Sosiolinguistik ? ya, variasi ragam bahasa adalah pemakaian bahasa yang selalu berkaitan erat dengan masyarakat, hal ini disebabkan oleh banyaknya keragaman suku yang ada di Indonesia.
Bahasa Indonesia biasanya disebut bahasa ibu, karena bahasa tersebut yang sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu jauh sebelum Belanda menjajah Indonesia, namun tidak semua orang menggunakan tata cara yang benar, salah satunya pada penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri yang tidak sesuai dengan Ejaannya oleh karena itu pengetahuan tentang ragam bahasa cukup penting untuk mempelajari bahasa Indonesia secara menyeluruh yang akhirnya dapat digunakan dengan baik dan benar sehingga identitas kita sebagai bangsa Indonesia tidak akan hilang apalagi luntur.
Ragam bahasa ini juga sangat berpengaruh sekali terhadap proses interaksi antara penutur dan lawan tutur. Kita ambil contoh variasi ragam bahasa dari suku jawa yang tinggal di Solo dengan yang tinggal di Yogyakarta, keduanya mempunyai variasi bahasa yang berbeda, mengapa demikian ? karena itu menjadi ciri khas tersendiri suatu daerah, tidak mungkin masing – masing daerah tidak mempunyai ciri khas dalam berbahasa.
Perbedaan pada penggunaan jumlah kata/istilah ini jelas sangatlah berbeda tujuannya agar dapat membedakan keragaman bahasa antar daerah. Selain sebagai ciri khas suatu daerah, variasi dan jenis ragam bahasa ini juga menjadi tolak ukur untuk tingkat kesopanannya juga.
Bagikan Artikel Ini