Beranda » Penggunaan Emoji dalam Pesan Whatsapp

Penggunaan Emoji dalam Pesan Whatsapp

Semiotika merupakan ilmu kebahasaan yang berkaitan dengan makna pada suatu tanda atau lambang.

Tanda merupakan hal utama dari komunikasi. Dengan tanda manusia dapat berkomunikasi apapun dengan yang lainnya. Peirce mengatakan bahwa alam semesta dipenuhi dengan tanda, atau secara eksklusif tersusun oleh tanda. Kemudian Saussure menambahkan lagi bahwa tandai sebagai kesatuan dari dua bidang yang tidak dapat dipisahkan seperti halnya selembar kertas. Sebuah tanda akan menunjukan pada sesuatu hal termasuk benda.

Seiring berkembangnya teknologi, komunikasi, dan informatika membuat masyarakat menjadi mudah dalam berkomunikasi, salah satunya menggunakan emoji. Emoji biasa digunakan dalam layanan pesan singkat yang berada dalam jangkauan jaringan internet (daring). Hal itu dapat dibuktikan dengan keadaan di era mobilisasi atau gadget seperti sekarang ini. masyarakat lebih sering menggunakan layanan pesan singkat dalam jaringan dibandingkan dengan sms. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya beragam aplikasi media sosial dan layanan pesan instan seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya. Emoji memiliki prinsip utama yaitu untuk mengekspresikan emosi ataupun perasaan pengguna layanan pesan singkat tersebut untuk menyampaikan pesan kepada mitra atau penerima pesannya.

Emoji sering digunakan masyarakat dalam menggunakan sosial baik membuat status, berkomentar, maupun mengirimkan pesan. Emoji yang digunakan tidaklah mereka perhatikan makna yang ada dalam emoji tersebut. Berikut contoh penggunaan emoji dalam chat Whatsapp.

 
   
 
   

Pada pesan berikut, salah seorang mahasiswa menyampaikan kata “oke” kepada salah seorang dosen sehingga ia meggunakan emoji tersebut. Padahal emoji yang digunakan memiliki makna hormat, memberi hormat.

Pada pesan kedua, sang penutur menggunakan emoji tertawa yang ia artikan untuk menertawakan hal lucu yang ia katakan. Padahal, makna dari emoji tersebut adalah menggambarkan seseorang tertawa sampai mengeluarkan air mata. Dapat juga diartikan sebagai menertawakan hal lucu dan sangat menggelitik. Dan dapat dikatakan emoji tersebut mengandung arti menggambarkan suasana lucu dan tidak dapat tertahankan.

Bagikan Artikel Ini