Beranda » Podcast Sebagai Media Untuk Mendongeng

Podcast Sebagai Media Untuk Mendongeng

Pendahuluan

Masa anak-anak adalah masa-masa dengan penuh imajinasi, seperti hal nya dengan mendongeng yang dapat mengembangkan imajinasi anak. Akan tetapi permasalahan di era modern saat ini ialah tak banyak orang tua yang sempat untuk meceritakan sebuah dongeng kepada anaknya, dengan alasan sibuk bekerja atau malas karna lelah setelah bekerja, dan juga orang tua saat ini menjadikannya soal sepele dengan memberi anaknya gadget agar si anak menjadi tidak rewel.

Fenomena diatas merupakan cerminan apa yang saat ini sedang berlangsung, dimulai dari anak usia dini hingga anak menuju remaja sudah diberi gadget yang dimana itu akan berdampak buruk, jika tidak diawasi dengan betul oleh para orang tua. Nah disini peranan orang tua sangatlah penting untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Para orang tua dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti gadget dalam meningkatkan imajinasi anak dengan mengenalkan dongeng kepada anak melalui podcast, dibalik tidak ada waktunya orang tua untuk mendongeng media podcast dapat menjadi solusi untuk mengenalkan anak tentang sebuah dongeng. Akhir-akhir ini media penyiaran podcast kembali eksis dengan dapat diakses dan didengarkan pada aplikasi audio di dalam gadget seperti salah satunya spotify. Di dalamnya tidak berisi podcast yang berkonten bincang-bincang ada juga yang kontennya mendongeng, seperti halnya dalam artikel ini penulis akan memberikan rekomendasi podcast dongeng yang cocok untuk anak.

Dongeng

Dongeng termasuk jenis sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang penuh khayalan, sehingga dianggap oleh masyarakat cerita tersebut benar-benar terjadi.

Menurut KBBI sendiri dongeng berarti sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi terutama tentang kejadian zaman dahulu yang aneh-aneh.

Dongeng bertujuan sebagai hiburan, meskipun dalam kenyataannya banyak cerita dalam sebuah dongeng yang menggambarkan kebenaran karena terdapat pelajaran moral, bahkan sindiran.

Dongeng biasanya disampaikan kepada anak-anak yang masih kecil oleh para orang tua. Biasanya dongeng disampaikan sebelum tidur kepada anak hingga anak tertidur pulas. Walaupun terlihat sederhana, namun anak-anak sangat senang dan serius untuk mendengarkan dongeng jika dongeng itu dianggap menarik. Jadi dongeng yang diceritakan haruslah bersifat positif agar baik untuk perkembangan mental anak.

Dongeng dapat digunakan sebagai media mendidik serta membentuk karakter positif pada anak oleh orang tua atau guru. Dalam dongeng tertanam nilai-nilai baik bagi anak melalui penghayatan terhadap maksud dari dongeng.

Oleh sebab itu dari pengertian dongeng sendiri yaitu, melatih kognisi dan efeksi secara imajinatif. Anak akan lebih kreatif, selain itu melalui dongeng anak akan terlatih komunikasi dengan mendengarkan kosa kata dari pendongeng. Lewat pesan dongeng yang disampaikan dengan tema-tema tertentu, anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya baik itu teman, orang tua,

Manfaat Mendongeng

Kegiatan mendongeng adalah kegiatan lisan yang menceritakan kembali sebuah dongeng kepada pendengar dengan cara yang menarik, dengan tidak sadar para pendengar mendapatkan pengetahuan dari dongeng tersebut.

Sebuah dongeng dapat menjadi cara efektif untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan), efektif (perasaan), sosial, aspek konatif (Penghayatan) anak, kegiatan mendongeng jelas terdapat banyak manfaat yang dapat diterima oleh anak yakni :

  1. Menumbuhkan sifat lebih aktif
  2. Mempererat hubungan antara orang tua dengan anak
  3. Menambah wawasan anak
  4. Melatih daya konsentrasi anak
  5. Meningkatkan kosa kata anak
  6. Menumbuhkan minat baca
  7. Memicu daya kritis anak
  8. Merangsang imajinasi, fantasi, dan kreativitas anak
  9. Memberikan pembelajaran kepada anak tanpa kesan menggurui

Mendongeng Menggunakan Media Podcast

Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel. Serta dapat dengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Podcast menjadi salah satu media yang masih berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut Phillips tahun 2017, Podcast adalah sebuah file audio digital yang dibuat dan diunggah pada platform online untuk dibagikan kepada orang lain. Podcast mengacu pada distribusi file audio pada format digital. File audio tersebut bisa diakses secara langsung menggunakan desktop, gadget maupun dikirimkan ke perangkat media portable misalnya MP3 player untuk didengarkannya.

Nah podcast ini dapat kita manfaatkan sebagai sebuah media penyiaran untuk mengenalkan dongeng kepada anak, dengan permasalahan yang ada saat ini yaitu banyak orang tua yang tidak bisa mendongengkan anaknya sebelum tidur, dengan adanya kaloborasi antara mendongeng dan podcast dapat memudahkan orang tua untuk mengenalkan sebuah dongeng kepada anak, selain efektif juga praktis. Berikut beberapa channel podcast dongeng yang cocok untuk didengarkan oleh anak :

  1. Cerita anak pengantar tidur

Pembawaan cerita yang menyenangkan merupakan daya tarik dari podcast yang satu ini. Selain bisa mendengarkan dongeng pengantar tidur, orang tua dan anak pun bisa memperdengarkan podcast ini di siang hari untuk mengisi waktu luang anak.

  1. Dongeng anak dan legenda nusantara

Cerita-cerita lokal dirangkum dan diceritakan dengan gaya bahasa yang baik dalam podcast ini. Agus Setiawan, sang Podcaster, membagi kisah-kisah legenda Nusantara yang punya nilai moral baik untuk diajarkan ke anak-anak. Podcast ini pun sangat baik untuk mengajarkan budi luhur untuk saling mencintai dan menghormati sejak dini.

  1. Dongeng anak masa kini

Berbeda dengan podcast sebelumnya, Podcast Dongeng Anak Masa Kini dibawakan oleh tiga pendongeng, yaitu Kak Ana, Kak Budi, dan Kak Mandy. Podcast ini membawakan banyak dongeng dan cerita dari banyak daerah di Indonesia dan negara di banyak penjuru dunia. Podcast ini pun cukup aktif karena sudah sampai seasons 4 dengan puluhan episode yang bisa didengarkan sekarang.

  1. KalaDila

Podcast dongeng satu ini memiliki Suara lembut. Ciri khas dari podcast KalaDhila pasti akan digemari oleh anak-anak. Kisah-kisahnya pun sangat banyak dan beragam untuk didengarkan setiap hari. Orang tua dan anak bisa mendapatkan cerita tentang keluarga, kisah nabi, fabel, dan kisah nasionalisme yang memberikan banyak inspirasi buat anak. Tidak lupa KalaDhila juga menyisipkan nilai-nilai moral di setiap ceritanya.

  1. Sebelum tidur

Podcast ini berawal sebuah blog bernama Dongeng Sebelum Tidur. Seperti namanya, podcast ini sebenarnya memang sangat pas untuk didengarkan sebagai cerita pengantar tidur untuk anak-anak.

Penutup

Dapat disimpulkan bahwa mendongeng dapat diaplikasikan kedalam dunia penyiaran seperti podcast, bisa dilihat dari beberapa rekomendasi channel podcast dongeng, penulis berharap artikel ilmiah populer ini dapat menjadi solusi bagi orang tua untuk mengenalkan dongeng kepada anak-anaknya.

Daftar Pustaka

Arum, Rifda. 2021 “Pengertian Dongeng : Jenis, Contoh, Nilai moral, dan manfaat”

Azizah, Lely. 2021 “Apa itu podcast ? Pengertian. Manfaat, Dan Cara Membuatnya”

Ulfah, Sarah. 2021 “5 Rekomendasi Podcast Dongeng Yang Cocok Untuk Anak-Anak”

Bagikan Artikel Ini