Beranda » Menghormati Plularisme Bangsa Keragaman dan Perbedaan Bahasa

Menghormati Plularisme Bangsa Keragaman dan Perbedaan Bahasa

Indonesia beragam bahasa diantaranya bahasa sunda,bahasa Indonesia, bahasa jawa dan sebagainya.kita sebagai warga Indonesia dan yang berjiwa nasionalism yang arti nya spirit menjaga kebinekaan menerima perbedaan baik bahasa,suku, adat dan budaya.

bicara bahasa sunda boleh kalau  di sunda, bicara dengan bahasa jawa boleh kalau di jawa,bicara bahasa minang boleh kalau di minang,setiap wilayah tentu berbicara nya berbeda, dan bahasa daerah itu tidak boleh hilang karena itu lambang kebinekaan kita, karena kalau bahasa daerah hilang nanti suatu saat bahasa Indonesia pun hilang karena orang akan ngomong bahasa lain, karena kalau tidak oleh kita diangkat harkat martabat budaya kita terus mau sama siapalagi?

Karena kekayaan yang terbesar dari bangsa ini adalah kebudayaan. bicara bahasa sunda bukan berarti tidak nasioanalis, saatnya kita menghormati plularisme bangsa keragaman dan perbedaan . nasionalisme  bukan hanya ucapan tapi perbuatan dan menghargai perbedaan.

Bahasa Indonesia dan bahasa melayu memiliki perbedaan juga dikarenakan bahasa Indonesia akan selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan yang dialami biasanya kerapkali karena adanya proses penyerapan kata-kata asing ke dalam bahasa Indonesia.

Kedudukan pertama dari bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam bulir-bulir sumpah pemuda, bahasa indonesia juga sebagai alat komunikasi dibuktikannya dengan penggunaannya sehari-hari seperti media komunikasi atau acara lainnya.

Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik kita harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal ini penting dilakukan agar bahasa yang diwariskan nanti merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku, bukan bahasa Indonesia yang sudah tercampur dengan bahasa-bahasa yang tidak baku dan tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Namun dengan perkembangan zaman banyaknya penggunaan bahasa Indonesia yang belum diterapkan dengan baik. Ditambah lagi dengan adanya pemikiran yang menyatakan bahwa dengan berkomunikasi yang terpenting adalah lawan bicara yang dapat memahami apa yang sedang kita bicarakan ,bukan benar atau tidak susunan bahasa yang digunakan.

Untuk itu jika penggunaan bahasa nasionalnya tidak tercipta dengan baik,bagaimana kita bisa mengembangkan budaya kita dengan baik ?oleh karena itu butuh kerjasama demi terciptanya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan agar dapat melestarikannya pula.

Bagikan Artikel Ini