Beranda » Bahasa Solat

Bahasa Solat

Manfaat Kalimat Bahasa Arab yang dipakai dalam Salat

Berbicara mengenai salat, pasti kalian kenal dong dengan Bahasa Arab. Sungguh sudah sangat tidak asing didengar oleh kalangan masyarakat tentunya, karena apa? karena bahasa Arab sendiri adalah bahasa yang di gunakan dalam keseharian oleh Nabi Muhammad SAW, dipakai ketika melaksanakan salat, berdoa dan juga di gunakan dalam kitab umat Islam yaitu kitab Al-Qur’an.

Mari kita sama-sama mempelajari sedikit demi sedikit kandungan dari setiap kalimat bahasa Arab yang dipakai dalam salat. Tidak ada salahnya kita belajar sedikit untuk mengetahui ma’na arti dari Bahasa Arab dalam salat bukan?

Sebelum lanjut, perkenalkan nama saya ‘Afdholia Airin’ sebagai mahasiswi Universitas Pamulang. Saya membuat artikel ini untuk memenuhi sebagian tugas individu saya yang diberikan oleh Dosen saya ibu Dewi Rani G,SS,M.Hum. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat amin ya Rabbal’alamin.

Yaps kita lanjut pembahasannya.

Sahabat sahabati tau enggak? ternyata bahasa Arab hampir setiap hari kita gunakan loh! percaya enggak? kita ambil contoh ketika kita salat. Dalam melakukan salat kita bisa berinteraksi dengan Tuhan, walaupun kita tau pakai bahasa apapun tuhan kita pasti tau, kenapa sih saya disini membahas tentang bahasa Arab, ada yang tahu? Sedikit pengalaman waktu saya di pesantren, saya belajar bahasa Arab dan maknanya sangat bagus, saya ambil contoh ketika kita melakukan salat. Pada saat kalian mengetahui makna setiap bacaan dalam salat kalian akan merasakan manfaatnya yang sangat luar biasa, karena kalian mengerti arti do”a dalam salat.

Yang pertama, kita akan meras lebih khusuk ketika kalian melakukan salat karena kalian mengerti arti setiap bacaan salat yang kita baca. Kedua, kalian akan merasakan kenikmatan setiap salat yang kalian lakukan,karena semua bacaan dalam salat adalah doa dan yang terakhir dengan kita memperbaiki salat kita, Allah akan mempermudah hidup kita .

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa “Amalan seorang hamba yang paling pertama di hisab di hari Kiamat adalah salat, jika salatnya baik maka baik pula seluruh amalannya, dan jika salatnya rusak maka rusak pula seluruh amalannya” sudah jelas ya, apa kalian sudah ada ketertarikan untuk mengetahui arti di setiap bacaan salat?

Kesimpulan dari artikel ini adalah, kita sebagai umat muslim wajib beribadah salat dan memahami arti setiap kata yang dilantunkan ketika salat. Bagaimana bisa kita salat tetapi tidak mengetahui makna apa yang kita ucapkan ketika beribadah maupun berdoa kepada Allah meskipun kita bisa berdoa dengan bahasa apa saja namun yang dianjurkan oleh NAbi Muhammad SAW adalah bahasa Arab.

Bagikan Artikel Ini