Beranda » Hubungan antara SASTRA DAN SANTRI

Hubungan antara SASTRA DAN SANTRI

Ilustrasi - Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Sama-sama kita ketahui dunia sastra sangat luas cakupannya, berbagai asfek bisa masuk ke dunia sastra, artinya dunia sastra sangatlah feleksibel, dari dunia politik, sosial, budaya, teknologi dan lain sebagainya.

Nah begitupun dengan dunia santri, sebelum membahas sastra dan santri tau ga sih santri itu siapa? bagi orang yang pernah menngeluti pendidikan pesantren pasti tak asing lagi dengan kata santri

Santri ialah sebutan bagi orang-orang yang sedang belajar di pondok pesantren dengan kata lain sebutan bagi para siswa/I yang sedang nyantren ialah santri

lalu apasih hubungannya sastra dengan santri. Menurut saya satra dan santri mempunyai hubungan yang erat, bagaimana tidak di setiap pesantren itu selalu mempelajari kitab-kitab kuno dan kitab kuno ini di karang oleh alim ulama yang mana karangan kitab ini merupakan karya sastra , walaupun dengan bahasa arab karena pada dasarnya pesantren merupakan pendidikan yang berbasis agama.

Dalam kitab-kitab yang dikaji oleh santri di pondok pesantren mempunyai estetika dalam penulisannya salah satu contohnya kitab tufathul atfal, setiap kalimat yang di susunnya disusun dengan rima yang efik dan dengan susunan yang rapi, dan masih banyak lagi kitab yang serupa dengan kitab ini.

Kemudian di kalangan santri juga selalu membuat syair yang berbentuk pujian terhadap tuhan atau nabi bahkan yang berisi curhatan atau pengalaman seorang santri.

Kiranya tulisan ini kurang lengkap dengan lapang dada siap menerima masukan dan tambahan informasi dari kawan-kawan semua terima kasih.

Bagikan Artikel Ini