Beranda » Strategi Pemasaran di Era Digital

Strategi Pemasaran di Era Digital

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan sebuah srategi manajemen pemasaran. Dimana tujuannya adalah memasarkan produk agar dapat dikenal dan diminati oleh konsumen. pada era serba digital saat ini, semua pelaku usaha tentunya dituntut untuk melakukan  inovasi-inovasi yang kreatif agar dapat bersaing dalam dunia bisnis yang semakin ketat. Ditambah lagi saat ini seluruh dunia sedang dilanda wabah COVID-19 yang mana mengakibatkan dampak yang sangat besar pada berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengurangi aktifitas produksi nya dan bahkan banyak pula UMKM yang terpaksa gulung tikar dikarenakan dampak dari COVID-19 ini.

Pemerintah Indonesia sampai saat ini terus melakukan upaya-upaya agar dampak dari  pandemi COVID-19 tidak berkepanjangan dan semakin membuat ekonomi terpuruk. Beberapa kebijakan pun telah dikeluarkan agar para pelaku usaha bisa tetap bertahan dimasa pandemi COVID-19 ini. Namun semua kebijakan ini pun harus dibarengi dengan strategi manajemen pemasaran yang tepat dan akurat dari para pelaku usaha agar dapat terus bertahan dan berkembang.

Lalu bagaimana strategi manajemen pemasaran yang tepat dan akurat dikondisi seperti saat ini?

Di era digital saat ini, para pelaku usaha dituntut harus memiliki ide-ide kreatif untuk memasarkan produk mereka agar usaha yang mereka jalani dapat berkembang. Karena pada dasarnya menjalankan sebuah bisnis adalah mencari untuk mencari keuntungan. Maka dari itu para pelaku usaha harus mencari strategi pemasaran yang tepat supaya produk mereka dapat bersaing baik dari segi kualitas produk, harga produk, maupun daya saing produk di masyarakat.

Salah satu strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk memasarkan produk pada saat ini yaitu melalui media elektronik. Dimana jangkauan pemasaran produk itu sangat luas dan tidak terbatas pada satu tempat.

Media elektronik adalah strategi pemasaran yang dapat dimanfaatkan bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk baik barang ataupun jasa dengan manfaat yang sangat optimal. Dengan menggunakan media elektronik, pelaku usaha dapat dengan detail memaparkan spesifikasi produk, kualitas produk, manfaat produk, dan juga harga produk sehingga konsumen bisa leluasa mencari produk yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan daya belinya.

Sebagai contoh adanya aplikasi e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Grab dan sejenisnya sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk yang dimiliki serta memberikan kemudahan untuk para konsumen mencari barang dengan cepat.

Namun yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi pemasaran melalui media elektronik adalah daya Tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi daya tarik bagi para konsumen, yaitu :

  • Pemanfaatan media sosial

Pada era digital saat ini, banyak kalangan masyarakat menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook dan sejenisnya. Saat ini pun media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas. Maka dari itu memanfaatkan media sosial sebagai media promosi memperkenalkan produk sangatlah efektif untuk meningkatkan daya tarik konsumen.

  • Diskon atau Promosi

Memberikan diskon dengan jumlah besar maupun kecil kepada konsumen juga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

  • Meminta ulasan produk atau testimoni

Ulasan produk atau testimoni dari konsumen yang sudah pernah membeli produk yang ditawarkan akan dapat dijadikan acuan untuk konsumen lainnya agar membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu ulasan positif sangat diperlukan agar menjadi daya Tarik bagi konsumen lainnya.

  • Memberikan pelayanan maksimal

Memberikan pelayanan secara maksimal kepada konsumen bisa dilakukan dengan cara melayani dengan ramah dan fast respon, sehingga konsumen merasa nyaman.

  • Informasi produk yang lengkap

Memberikan informasi produk secara detail dan lengkap, sehingga konsumen merasa percaya terhadap barang yang dijual dan tidak merasa tertipu.

Dari beberapa point yang disebutkan diatas, ada faktor-faktor lain yang dapat menunjang daya tarik konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditwarkan, namun itu menyesuaikan dari jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan strategi manajemen pemasaran ini tentunya diperlukan perencanaan yang matang. Maka dari itu para pelaku usaha diharuskan terus mengembangkan potensinya dalam menjalankan strategi pemasaran yang lebih kreatif agar dapat bertahan dalam kondisi apapun dan dapat mengikuti perkembangan jaman yang terus maju.

Bagikan Artikel Ini