Beranda » Mengenal Sistem Informasi Manajemen dan Komponen-Komponennya

Mengenal Sistem Informasi Manajemen dan Komponen-Komponennya

Sistem informasi didalam manajemen sangatlah penting  dan tidak dapat diabaikan karena sistem informasi sangat mempengaruhi secara langsung bagaimana manajemen mengambil keputusan, membuat rencana dan mengelola para pegawainya serta meningkatkan sasaran kinerja yang hendak dicapai.

sebelum mengetahui apa itu Sistem Informasi Manajemen / SIM sebaiknya harus mengetahui apa itu System dulu.

Sistem yaitu sekelompok elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Syarat-syarat sistem yaitu :

  1. Harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan
  2. Elemen yang terdapat didalamsistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan
  3. Harus adanya hubungan antara elemen -elemen sistem
  4. Unsur dasar dari proses arus informasi lebih penting dari elemen sistem.

Jadi sistem informasi manajemen / SIM yaitu sekumpulan sub sistem informasi yang  terkoordinasi secara rasional dan terpadu hingga mampu mentransformasi data menjadi informasi guna meningkatkan produktitifitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer.

Sistem informasi manajemen adalah sekumpulan dari sitem informasi akuntansi, pemasaran,keuangan, sumber daya manusia dan lain-lain.

Biasanya sistem informasi memiliki 3 kegiatan yaitu

  1. Kegiatan input, yaitu kegiatanya memasukan data-data yang diperlukansistem baik dari lingkungan internal maupun eksternal
  2. Pemprosesan, yaitu mengelola & menganalisis data input menjadi informasi yang dapat dipahami
  3. Kegiatan output, yaitu membagikan informasi kepada penggunanya

Kegiatan tersebut untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan, pengendalian operasional, menganalisis dan memecahkan masalah, & menciptakan ide baru

Komponen-Komponen Sistem Informasi

  1. Komponen hardware / perangkat keras

yaitu untuk menginput / memasukan dan menyimpan data-data . Perangkatnya seperti, monitor, keyboard, prosesor, harddisk dan lain-lain

  1. Komponen software / perangkat lunak

yaitu program-program yang akan terinstal di komputer sehingga dapat melaksanakan aktifitas. Seperti aplikasi.

Perkembangan Sistem Informasi Manajemen

Siklus hidup sistem adalah penerapan pendekatan sistem untuk

pengembangan sistem atau subsistem informasi yang berbasis komputer. Karena perkembangan jaman yang begitu pesat muncul berbagai macam teknologi maka lahirlah sistem infomasi manajemen berbasis komputer mengikuti suatu pola yang teratur dan dilakukan secara top Down.

Terdapat siklus hidup pengembangan sistem yaitu

  • Tahap perencanaan berupa mendefinisasikan masalah, menentukan tujuan, mengidentifiasikan kendala kendala dan menetapkan mekanisme pengendaliaan.
  • Tahap analisis berupa mengumumkan penelitian sistem, mendefinisikan kebutuhan informasi dan mendefinisikan kriteria kinerja sistem .
  • Tahap rancangan berupa menyiapkan rancangan sistem yang terinci, mengidentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi sistem & mengevaluasinya, menyiapkan usulan penerapan, dan menyetujui atau menolak penerapan sistem.
  • Tahap penerapan berupa merencanakan penerapan, mengumumkan penerapan, mendapatkan sumber daya perangkat keras & perangkat lunak, mendidik peserta dan pemakai, menyetujui atau menolak masuk ke sistem baru, dan masuk ke sistem baru.
  • Tahap penggunaan berupa menggunakan sistem, mengaudit sistem, memelihara sistem, menyiapkan usulan rekayasa ulang, dan menyetujui atau menolak rekayasa ulang sistem.
Bagikan Artikel Ini