Beranda » Peran Teknologi dalam membangun SDM

Peran Teknologi dalam membangun SDM

Perkembangan teknologi di Indonesia sendiri terjadi sejak zaman pra-aksara. Buktinya adalah ditemukannya lukisan gua yang sudah berumur 44 ribu tahun di daerah Sulawesi. Lalu, memasuki era kerajaan Hindu-Buddha, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kembali terjadi akibat pengaruh kebudayaan dari India.

Teknologi adalah sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah barang atau komponen yang diperlukan bagi kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup umat manusia. Biasanya penggunaan teknologi oleh umat manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat.

Saat ini teknologi sangat mempengaruhi Pengembangan dalam membangun Sumber Daya Manusia dan ini juga merupakan  bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional Indonesia.

Seiring perkembangannya teknologi mengalami perluasan makna, menjadi sebuah benda yang tidak berwujud seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis dan lainnya.

Contoh teknologi yang nyata di era sekarang sangat banyak mulai nyata yang kita sering gunakan seperti komputer, laptop, handphone, mesin-mesin, mobil motor dan lainnya. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju tentu akan lebih banyak teknologi yang muncul seperti mobil terbang, Autonomous Car atau self driving car hingga alat teleportasi.

Munculnya teknologi tentu memberikan banyak sekali manfaatnya untuk keberlangsungan hidup salah satu contoh teknologi yang benar-benar bermanfaat saat ini adalah google. Ya, manfaat teknologi secara umum memang untuk mempermudah penggunanya dapat mengerjakan semua hal dengan lebih cepat dan singkat, semua itu juga membuat pekerjaan yang dihasilkan lebih baik.

Sedangkan manfaat teknologi yang secara khusus adalah membantu kegiatan mendidik anak agar tidak lagi gagap teknologi dan dapat mempermudah untuk menyesuaikan lingkungan dengan sekitar. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan sebagai sebuah sarana eksplorasi untuk menambahkan wawasan serta pengetahuan dalam penyelesaian pekerjaan.

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif, yang dimaksud dari pengaruh positif ini halnya seperti mendapatkan kemudahan untuk layanan tertentu seperti berbelanja online dan mendapatkan informasi melalui akses internet.

Salah satu akibat dari munculnya alat komunikasi adalah mulai berkurangnya sentuhan atau interaksi antar manusia secara langsung. Karena saat ini mayoritas orang bahkan sudah mulai memilih segalanya secara online.

Pada revolusi tersebut tercatat meninggalkan dampak yang sangat besar, dimana kondisi sosial berubah namun sisi lainnya memberikan dampak keuntungan produksi serta mengurangi beban tenaga kerja yang sangat signifikan.

Hal ini tampaknya akan kembali terulang seiring perkembangan teknologi dan tidak akan berhenti sampai kapanpun.

Peran teknologi dimasa pandemic adalah membantu wiraswasta untuk menpromosikan atau  jualannya dan membantu pelajar atau mahasiswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

Bagikan Artikel Ini