Beranda » Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan

YUDI SUPRIYANTO, MAHASISWA MAGRISTER AKUNTANSI

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi, pemikiran, pemahaman, gaya hidup, yang semakin berkembang dari masa ke masa, membuat persaingan dalam dunia perdagangan dan bisnis semakin ketat. Hal ini dikarenakan terbukanya pasar global dan sangat mudahnya mendapatkan informasi perkembangan zaman melalui berbagai macam media global salah satunya internet. Jika suatu organisasi tidak dapat menyikapi hal tersebut, maka kelangsungan produk yang akan dipasarkan oleh organisasi tersebut akan terhambat.

Untuk itu, tentunya harus ada strategi pemasaran yang baik yang dimiliki organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan penjualan agar tetap bisa bersaing dipasar yang semakin berkembang. Sebuah organisasi atau perusahaan harus memiliki strategi yang inovatif agar mampu bersaing karena sebuah strategi penjualan yang baik akan sangat berperan dalam menjalankan usaha atau kegiatan pemasaran produk dari perusahaan atau organisasi.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan adalah dengan melakukan penerapan strategi penjualan yang tepat yaitu dengan melakukan inovasi penerapan strategi penjualan. Inovasi yang dimaksud adalah manager pemasaran harus melakukan strategi penjualan yang baru dengan mengikuti perkembangan zaman, strategi yang dimaksud adalah strategi pemasaran secara online karena mengikuti perkembangan teknologi yang mempengaruhi perilaku konsumen. Pemasaran online itu sendiri merupakan serangkaian kegiatan menjual produk kepada calon pembeli baik melalui pesan elektronik, telephone dan media lainnya mengikuti perkembangan zaman yang mana antara penjual dan pembeli bisa melakukan interaksi tampa bertemu atau bertatap muka secara langsung.

Setiap perusahaan akan tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan masing-masing baik lingkungan eksternal maupun lingkungan internal. Kelangsungan hidup setiap perusahaan tidak hanya begantung kepada kemampuannya menghasilkan barang secara efisien. Kemudian menjual barang atau produknya dengan harga yang dapat dijangkau pembeli dan terdapat pembeli yang cukup untuk menjamin operasinya yang menguntungkan. Ada faktor lain yang juga berpengaruh dan menentukan kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Faktor-faktor lain tersebut dinamakan lingkungan kegiatan usaha atau iklim usaha.

Tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat berhubungan erat dengan keadaan iklim usaha yang didapati di negara dimana perusahaan itu berada. Pada masa ini peristiwa-peristiwa yang berlaku di negara lain, dapat menimbulkan pengaruh yang sangat penting kepada sifat iklim usaha yang berlaku. Keadaan social, ekonomi dan politik juga turut berpengaruh pada iklim usaha tersebut.

Setiap perusahaan baik yang bergerak dibidang produk ataupun jasa mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan. Dengan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam peningkatan penjualan, sehingga posisi dan kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan dan dipertahankan. Sehubungan dengan hal tersebut pelaksanaan strategi pemasaran modern dewasa ini mempunyai peranan yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap peningkatan penjualan dan laba perusahaan.

Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran untuk memperoleh hasil yang optimal. Strategi tersebut mempunyai ruang lingkup yang luas diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya. Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan dalam menghadapi persaingan hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta mamanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan kelemahan serta kekurangan. Strategi pemasaran merupakan upaya mencari posisi pemasaran yang menguntungkan dalam suatu industry atau arena fundamental persaingan berlangsung.

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, maka perusahaan dituntut untuk memikirkan kembali misi dan strategi pemasaran secara kritis. Intensitas persaingan yang semakin meningkat menuntut perusahaan untuk merancang strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Tujuan dasar suatu bisnis disamping meningkatkan pertumbuhan penjualan dan menciptakan keuntungan, juga untuk meningkatkan pertambahan nilai bagi pelanggan dan perusahaan, dalam arti pernciptaan pelanggan yang puas dan karyawan diberikan imbalan yang layak.

Poin penting bagi sebuah perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar yaitu mengetahui dan memperhatikan apa yang melandasi seseorang memilih suatu produk, dalam hal ini keputusan  pembelian dari seorang konsumen yang selalu timbul setelah adanya proses evaluasi alternative pembelian yang dilakukan.

Dengan semakin kompleksnya permintaan konsumen menyebapkan timbulnya perusahaan-perusahaan baru yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Masing-masing perusahaan berusaha untuk menawarkan keunggulan yang dimiliki pada produk yang mereka hasilkan. Maka dampak yang ditimbulkan dari persaingan tersebut adalah turunnya tingkat penjualan sehingga perusahaan tidak mendapatkan hasil penjualan yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen serta mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan adalah melaksanakan strategi perusahaan yang tepat dan terkendali, seperti meningkatkan atribut produk, kebijakan penetapan harga, promosi dan memilih saluran distribusi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Dunia bisnis modern menuntut peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau mundurnya suatu bisnis akan sangat ditentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis tersebut, hal ini dikarenakan kegiatan pemasaran merupakan kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau pelanggan. Pentingnya peranan pemasaran yang dimaksud bukan berarti mengesampingkan peranan bagian lain dalam bisnis, karena seluruh kegiatan merupakan suatu kesatuan yang utuh dalam bisnis.

Bagikan Artikel Ini