Beranda » Kiat Meningkatkan Performa Customer Service saat Diskon Awal Tahun

Kiat Meningkatkan Performa Customer Service saat Diskon Awal Tahun

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci terbesar dalam menentukan kesuksesan bisnis Anda. Tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi pelanggan yang puas dalam hal pelayanan bisnis juga dapat mengundang orang lain untuk mencoba produk dan layanan yang Anda tawarkan. Berbagai jenis layanan pelanggan pun kini semakin bervariasi akibat dari pesatnya pertumbuhan teknologi. Dimulai dari jasa layanan via telepon, hingga jasa layanan via chat instan yang saat ini sedang marak diterapkan oleh beberapa platform seperti marketplace.

Berbicara soal marketplace, merebaknya popularitas transaksi online tersebut semakin memudahkan roda perputaran ekonomi di Indonesia untuk berbelanja tanpa batasan wilayah. Sebagai bentuk persaingan bisnis, perusahaan-perusahaan marketplace pun mengeluarkan berbagai macam campaign untuk menarik hati masyarakat, salah satunya dengan mengadakan diskon besar-besaran yang biasanya terjadi saat jumlah tanggal bertepatan dengan jumlah bulannya, seperti misalkan 2.2 yang akan diadakan pada 2 februari nanti.

Sebagai pemilik bisnis atau customer service, Anda harus siap menghadapi berbagai macam customer dengan segala kemungkinan yang terjadi. Oleh karena itu, berikut beberapa tips meningkatkan performa CS saat diskon awal tahun.

Cepat Tanggap Terhadap Pesan dari Pelanggan

Setiap pelanggan akan selalu menginginkan suatu solusi yang cepat atas permasalahan yang mereka miliki. Anda tidak akan pernah mengetahui peluang atau kabar penting apa yang akan disampaikan oleh orang yang menghubungi bisnis Anda. Apabila anda mengabaikannya, bagaimana cara bisnis Anda akan memahami kebutuhan dan masalah yang dirasakan oleh calon konsumen?

Jangan Mengumbar Janji yang Tidak Bisa Ditepati

Saat berbicara dengan pelanggan, terkadang para pebisnis tidak berhati-hati dalam memberikan informasi kepada pelanggan yang biasanya bertujuan untuk memberikan rasa tenang sesaat dan terhindar dari amarah, maupun dikelabui nafsu untuk mengejar target pelanggan. Jangan menjanjikan layanan yang belum tentu bisa disediakan hanya supaya pelanggan dapat berhenti mengeluh. Selain nama besar perusahaan, reputasi bisnis Anda juga bisa tercoreng jika pelanggan merasa terbohongi dengan info yang mereka dapatkan saat menghubungi Anda.

Memanfaatkan Sistem Helpdesk & Ticketing

Itulah mengapa bantuan software dapat sangat berguna bagi tim customer service. Sebagai salah satu perusahaan digital Indonesia, HashMicro menjelaskan bagaimana sistem helpdesk & ticketing dapat membantu Anda dalam mengatur tim lebih baik dan memudahkan bisnis memprioritaskan pelanggan. Perangkat lunak yang dapat terintegrasi dengan sistem CRM (customer relationship management) ini, memberikan fitur penerimaan laporan terperinci tentang aktivitas tim customer service. Salah satu jenis laporan yang tersedia dari software tersebut adalah laporan demografis dan analisis internal. 

Juga, berkat fitur pengingat otomatis, tim tidak akan pernah lupa lagi dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Sistem akan secara otomatis untuk menginformasikan kepada tim bahwa ada masalah terbuka yang membutuhkan perhatian segera. 

Memiliki Product Knowledge yang Mumpuni

Sebagai garda terdepan yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan, customer service harus bisa meyakinkan pelanggan melalui pemaparan produk yang baik. Karena jika berhasil, maka akan lebih mudah bagi tim sales untuk melakukan pendekatan kepada pihak pelanggan. Banyak cara untuk meningkatkan product knowledge, biasanya perusahaan akan mengadakan pelatihan atau simulasi secara langsung kepada karyawannya.

Memahami Kebutuhan Pelanggan

Seorang customer service harus memiliki rasa peka yang lebih diantara posisi lainnya. Tujuannya, agar mampu membaca situasi dari berbagai macam tipe customer yang akan datang dengan berbagai macam aduannya. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan tersebut adalah dengan melakukan personalisasi teks melalui intonasi yang memungkinkan untuk Anda pelajari secara bertahap, agar bisa lebih mudah untuk memahami keluhan customer.

Kesimpulan

Sebagai garda terdepan perusahaan, seorang customer service memiliki peranan dan tanggung jawab yang cukup besar dalam menentukan kesuksesan bisnis. Agar performa yang diberikan kepada perusahaan dapat maksimal, Anda harus bisa memberikan yang terbaik kepada perusahaan dan pelanggan agar karir Anda terjamin.

Bagikan Artikel Ini