Beranda » Kata Gaul yang Menggunakan Variasi Bahasa Slang di Dalam Media Sosial Seperti Facebook

Kata Gaul yang Menggunakan Variasi Bahasa Slang di Dalam Media Sosial Seperti Facebook

Foto istimewa Surya Kepri

Bahasa Indonesia dikenal sebagai bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia lahir atau dikukuhkan sesaat setelah proklamasi kemerdekaan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebelum menjadi bahasa Indonesia seperti sekarang, bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu. Seiring berjalannya waktu, posisi bahasa Indonesia semakin kuat. Banyak orang sudah mulai menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bahasa daerah terus berkembang sejalan dengan bahasa Indonesia.

Semakin berkembangnya zaman banyak sekali istilah-istilah yang muncul dalam bahasa Indonesia salah satunya adalah bahasa slang yang sering di gunakan oleh remaja masa kini tidak hanya remaja saja yang menggunakan bahasa slang tak jarang pula anak-anak dan orang tua juga menggunakan bahasa slang, dan bahasa Indonesia memiliki dua bentuk, yaitu bahasa Indonesia baku dan bahasa Indonesia tidak baku.

Bahasa Indonesia baku adalah bahasa yang mengikuti kaidah-kaidah penggunaan bahasa yang baik dan benar biasanya bahasa baku ini di gunakan dalam acara-acara penting, formal, dan acara resmi. Dan sedangkan bahasa Indonesia yang tidak baku adalah bahasa yang tidak mengikuti kaidah-kaidah dalam pengguanaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Biasanya bahasa Indonesia yang tidak baku ini di gunakan di luar acara-acara formal dan juga biasa di gunakan untuk masyarakat Indonesia berkomunikasi.

Artikel yang berjudul “ Kata Gaul Yang Menggunakan Variasi Bahasa Slang Di Dalam Media Sosial Seperti Facebook” ini merupakan upaya untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk serta menganalisis makna kata gaul di Facebook. Data yang diambil berasal dari Facebook itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Secara teoritis, penelitian ini akan memberikan kontribusi pada bidang sosiolinguistik lebih khususnya pada bahasa gaul.

Secara praktis pembaca dapat memahami jenis, bentuk dan arti kata slang di Facebook. Hasil penelitian menujukkan bahwa jenis dan bentuk slang yang ditemukan di Facebook adalah singkatan, bentuk yang dipersingkat , bahasa gaul masyakarat dan arti yang ditemukan di Facebook.

Bagikan Artikel Ini