Beranda » Pentingnya Manajemen Dalam Sebuah Organisasi

Pentingnya Manajemen Dalam Sebuah Organisasi

Organisasi tidak mungkin bisa mencapai tujuannya, apabila dalam pelaksanaan kegiatannya tidak memperhatikan fungsi manajemen. Tujuan organisasi akan dicapai apabila semua fungsi manajemen sudah dijalankan secara efektif dan efisien. Organisasi dan manajemen telah membentuk satu kasatuan, sehingga kedua tersebut tidak dapat dipisahkan. Itulah yang membuat betapa pentingnya manajemen di dalam menjalankan kegiatan organisasi guna tercapainnya tujuan.

Sebelum membahas lebih jauh ke topik berita, saya akan mengupas terlebih dahulu sedikit pengertian organisasi dan manajemen. Organisasi adalah sekelompok masyarakat saling bekerjasama agar tercapainya tujuan bersama. Sedangkan manajemen adalah suatu proses baik dalam mengkoordinasikan dan mengintegrasikan segala kegiatan yang  akan dikerjakan oleh orang lain untuk mencpai tujuan

Jadi arti penting manajemen dalam sebuah organisasi adalah suatu proses guna mengatur semua kegiatan dalam organisasi agar tercapainya tujuan dan kebutuhan organisasi, mulai dari perencanaan, pengorganisasian,pengarahan,dan pengawasan, sehingga secara efektif dan efisien itulah tujuan organisasi dapat terwujud sesuai rencana.

Pada umumnya manajemen dibagi manjadi beberapa fungsi, yaitu :

  1. Perencanaan

Perencanaan merupakan suatu proses awal yang harus dibuat untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dan mengambil cara strategis guna mencapai tujuan tersebut.

  1. Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan keseluruhan dari proses pengelompokan orag-orang, alat-alat, tugas, tanggung jawab, dan wewenang sehingga tercipta suatu kesatuan yang dapat digerakkan dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

  1. Pegarahan

Pengarahan adalah suatu aturan yang diterapkan bagi para karyawan agar dapat bekerja keras dan giat serta menunjukan  ke mereka bagaimana melaksanakan rencana dengan bener supaya mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

  1. Pengawasan

Bagian terakhir dari manajemen adalah pengawasan. Pengawasan adalah salah satu cara untuk memastikan apakah semua kegiatan organisasi yang telah direncanakan  sudah berjalan dengan semestinya.

Dua konsepsi utama dalam menciptakan keberhasilan fungsi manajemen adalah efesiensi dan efektivitas. Efesiensi adalah kemapuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sedangkan efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat dalam mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan.Pencapaian hasil akhir sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan dari ukuran dan standar yang berlaku. Dengan demikian antara efektivitas dan efesiensi  itu sendiri saling keterkaitan.

Selain fungsi manajemn ada pula bidang manajemen yang harus diperhatikan agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Bidang manajemen dapat dikelompokan antara lain :

  1. Bidang pemasaran

Bidang  pemasaran menjadi ujung tombak bagi perusahaan atau bisnis dalam memperoleh laba atau keuntungan.

Kunci utama yang harus dipegang guna mencapai keberhasilan kegiatan pemasaran adalah meningkatkan efektivitas perencanaan implementasi dan pengendalian terhadap semua aktivitas pemasaran.

  1. Bidang oprasional

Bidang oprasional adalah salah satu bidang yang tedapat di perusahaan yang bertugas untuk mengatur segalakegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan terselenggarannya proses produksi.

  1. Bidang keuangan

Bidang keuangan memiliki peranan guna menentukan  keberhasilan perusahaan. Tugas utama bidang keuangan adalah mencari sumber permodalan dan mengalokasikan dana yang telah di peroleh. Adapun tolak ukur dari keberhasilan kinerja keuangan perusahaan adalah kemampuannya dalam mencapai tingkat likuidasi, solvabilitas, dan rentabilitas yang ditetapkan.

  1. Bidang sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu istilah yang digunakanuntuk menerangkan keanekaragaman aktivitas-aktivitas yang terlibat dalam penarikan, pengembangan, mempertahankan tenaga perusahaan yang berbakat dan bersemangat.

Manajemen mempunyai kedudukan penting dalam sebuah organisasi, karena jika fungsi  manajemen tidak berjalan dengan baik, maka semua usaha akan berjalan sia-sia dan pencapain tujuan akan lebih sulit. Untuk mencapai semua bagian dalam manajemen, semua kegiatan harus berjalan dan terfokus agar semua fungsi ataupun bidang-bidang manajemen bisa berjalan dengan optimal. Dengan begitu pencapaian tujuan agar terlaksana semua rencana organisasi secara  maksimal.

Bagikan Artikel Ini