Beranda » Tim PHP2D HIMATIKA UNPAM Paparkan Cara Pengolahan Gula Aren Menjadi Gula Semut di Kampung Citugu

Tim PHP2D HIMATIKA UNPAM Paparkan Cara Pengolahan Gula Aren Menjadi Gula Semut di Kampung Citugu

Oleh : Intan Idaman Halawa, mahasiswi UNPAM Prodi Matematika FMIPA, pengurus HIMATIKA, KOMBIS dan anggota PHP2D 2021

Tepat pada 19/10/21, tim PHP2D Ormawa Matematika Unpam mengadakan pelatihan pengolahan gula aren menjadi gula semut kepada masyarakat Citugu. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat mengenai pemberdayaan SDA yang ada. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, di rumah pak Ikra selaku BPD Kampung Citugu.

Adapun rangkaian acara yang berlangsung terdiri dari pembukaan, sambutan, presentasi, pelatihan, penutup serta foto bersama. Acara ini dihadiri oleh Pak Suyana selaku kepala UPT Wilayah III Kec. Leuwiliang, Pak Aphit SP selaku PPL, Pak Endang Darmawan selaku Kepala SMPN 1 Atap, pa Ikra Saputra selaku BPD Kampung Citugu, Pak Asep Ruhiyat selaku Sekertaris Desa, dosen Pembina tim PHP2D, Ibu-ibu PKK Gelatik 12, perwakilan masyarakat Citugu dan seluruh anggota tim PHP2D.A

Acara ini dibuka oleh Riska Amelia selaku MC dan merupakan salah satu anggota tim PHP2D. Kemudian, sambutan pertama disampaikan oleh Pak Suyana selaku kepala UPT Wilayah III Kec. Leuwiliang. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa kagumnya terhadap tim PHP2D yang berlatarbelakang Matematika.

“Saya salut kepada tim PHP2D Ormawa Matematika ini. Meskipun jurusan mereka adalah Matematika, namun kontribusi yang mereka berikan untuk masyarakat Citugu cukup bagus. Sangat jarang jurusan seperti ini memiliki kegiatan pengabdian dan pembinaan desa seperti ini.” Ucap beliau memberi pujian kepada tim PHP2D HIMATIKA.

Kemudian, sambutan mewakili kampus yang disampaikan oleh Pak Gerry Sastro selaku Pembina tim sekaligus dosen Universitas Pamulang. Beliau menyampiakan ucapan terima kasih kepada pemerintah setempat, para undangan dan juga kepada tim PHP2D.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah daerah setempat yang telah menerima baik kedatangan kami di tempat ini, terima kasih kepada para undangan yang telah berkenan hadir mengikuti pelatihan pengolahan gula aren menjadi gula semut yang digelar oleh tim PHP2D. Dan terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh anggota tim yang telah bekerjasama, mengupayakan terlaksananya kegiatan hari ini.” Ujar beliau.

Selain ucapan terima kasih, beliau juga menyampaikan rasa bangganya terhadap kinerja tim PHP2D. “Selaku Pembina, saya bangga kepada tim PHP2D karena telah berhasil menyukseskan berbagai program PHP2D yang telah dimuat dalam proposal sebelumnya. Harapan saya, agar kerjasamanya tetap dijaga sehingga dapat berkontribusi di Kampung Citugu secara maksimal.” Ucap beliau dihadapan seluruh hadirin.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pak Ikra selaku BPD Kampung Citugu. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para undangan dan juga kepada tim PHP2D. Selain itu, beliau juga menyampaikan rasa senangnya atas berbagai kontribusi nyata yang telah dilaksanakan oleh tim PHP2D.

“Kami sangat bersyukur atas keringanan langkah tim PHP2D yang telah berkontribusi di Kampung Citugu dimulai dari pengadaan mini library pada Agustus lalu, hingga pelatihan pengolahan gula aren pada hari ini. Sebagai pemerintah daerah setempat, kami merasa senang karena telah memilih Citugu menjadi desa Binaan.” Ujar beliau.

Setelah sambutan selesai, tiba saatnya pemaparan materi yang disampaikan oleh Rifky Saefullah selaku ketua tim PHP2D. Ia menyampaikan mengenai definisi gula aren, bagian-bagian aren yang dapat dimanfaatkan, cara pengolahannya menjadi gula semut, manfaatnya, hingga sistem pemasarannya.

“Gula aren merupakan pemanis yang berasal dari nira pohon aren yang diolah menjadi gula. Pohon aren merupakan salah satu tanaman yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan dimulai dari akarnya sebagai obat untuk penyakit kencing batu. Kemudian, batangnya dapat digunakan untuk membuat papan dll, daunnya dipakai menjadi atap rumah, lidinya dapat dibuat menjadi sapu ijuk. Sedangkan air niranya digunakan sebagai bahan pokok pembuatan gula aren.” Jelasnya.

“Kemudian, gula yang berasal dari pohon aren ini memiliki banyak manfaaatnya diantaranya mengurangi diabetes, menyeimbangkan kadar kolestrol, mengurangi resiko osteoporosis, menjaga kesehatan syaraf dan berbagai manfaat lainnya.

Adapun sistem pemasarannya yaitu secara online dan offline. Secara offline dapat dilakukan melalui kerjasama dengan beberapa mitra salah satunya Unimart Pamulang. Sedangkan secara online dapat dilakukan dengan mempromosikan produk menggunakan sosial media dll. Kemudian, gula semut ini juga akan diinovasikan ke dalam beberapa varian, sepertinya jahe, lengkuas, dan kunyit” Lanjutnya.

Setelah presentasi selesai, tepat pukul 10.45 WIB pelatihan pun dimulai. Pelatihan berlangsung kurang lebih 4 jam. Adapun prosesnya terdiri dari penggerusan gula aren gelondongan untuk dicairkan melalui peroses pemanasan (dimasak), kemudian proses penggerusan gula dari wajan. Selanjutnya, proses peng-oven-an yang berlangsung selama 2 jam, proses penghalusan, penyaringan dan pengemasan.

Pada saat peng-oven-an berlangsung, para undangan dan masyarakat yang hadir dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Dan setelah semuanya selesai, beberapa gula semut yang sudah dikemas dibagikan kepada UPT, Dinas Pertanian dan beberapa masyarakat untuk dijadikan testimoni. Setelah itu, acara penutup dan foto bersama yang dipandu oleh MC.

Bagikan Artikel Ini