Beranda » DPK dan Alumni HIMATIKA UNPAM Gelar LDKO Periode 2022/2023 di Villa Sambora, Depok Sawangan, Banten

DPK dan Alumni HIMATIKA UNPAM Gelar LDKO Periode 2022/2023 di Villa Sambora, Depok Sawangan, Banten

Oleh : Intan Idaman Halawa, Mahasiswa UNPAM Prodi Matematika, Pengurus HIMATIKA

LDKO HIMATIKA (Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Himpunan Mahasiswa Matematika) Universitas Pamulang diadakan oleh Dewan Pengawas Kinerja (DPK) dan alumni HIMATIKA yang diketuai oleh Fahmi Hamzah. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari berturut-turut, 21-22 Januari 2022 bertepatan pada hari Kamis dan Jumat. Keberangkatan tepat pada pukul 10.00 WIB dengan membawa berbagai perlengkapan baik umum maupun pribadi. Sekitar pukul 11.00 WIB, tim pelaksana dan peserta tiba dengan selamat di villa tersebut. Kegiatan saat ini bersifat campuran, baik pengurus lama maupun calon pengurus baru sama-sama di LDKO oleh DPK.

Sesuai rundownnya, pukul 11.00-13.00 WIB digunakan untuk istrahat dan sholat Jum’at (khusus agama muslim). Setelah waktu istrahat berakhir, seluruh peserta diarahkan untuk memakai almamater serta menyiapkan alat tulis untuk menerima materi IGTC (IKAHIMATIKA Goes To Campus) yang disampaikan oleh Kang Hilmi selaku Koordinator Wilayah 3, dan Kang Agung selaku Koordinator Sub Wilayah. Adapun IKAHIMATIKA Indonesia dibagi dalam 6 wilayah, Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat termasuk dalam Wilayah 3. Materi Kang Hilmi berisi pengenalan IKAHIMATIKA Pusat, sedangkan Kang Agung menyampaikan materi mengenai IKAHIMATIKA Wilayah 3.

Setelah selesai, acara selanjutnya adalah ISHOMA (Istrahat Sholat Makan) disusul oleh pembukaan LDKO pada pukul 16.00 WIB. Pada pembukaan acara, DPK menyampaikan berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh peserta, berlaku dari detik kesepakatan hingga berakhirnya acara. Adapun aturan yang disampaikan salah satunya adalah memakai name tage selama LDKO berlangsung. Jumlah peserta LDKO terdiri dari 32 orang yang dibagi menjadi  6 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang per kelompok.

“Dalam situasi apapun seluruh anggota wajib melapor serta memohon izin kepada DPK dengan menyebutkan nama kelompoknya. Contohnya, ‘interupsi kak, saya Intan dari kelompok Matriks memohon izin untuk membeli di warung.’ Pemberian izin tergantung pada DPK dan perihalnya, jadi tidak semua permohonan dikabulkan oleh DPK. Mengerti?!” ucap kak Hamzah dengan tegas.

“siap, mengerti kak!” ujar seluruh peserta dengan lantang.

Kemudian, seluruh peserta dipersilahkan untuk mandi, Sholat Maghrib dan istrahat sampai pukul 19.00 WIB disusul oleh Sholat Isya. Setelah itu, materi sesi 1 disampaikan oleh kak Munarsih selaku Ketua Umum HIMATIKA UNPAM periode 2021/2022. Adapun materi yang disampaikan berisi tentang pengenalan HIMATIKA dan sejarahnya. Sesudah itu, ada penyampaian proker oleh pengurus lama yang terdiri dari ketua dan wakil ketua umum, sekretaris umum, bendahara umum, dan ketua-ketua divisi. Selain penyampaian proker, pengurus periode lama juga menyampaikan harapan kepada calon pengurus baru untuk kemajuan HIMATIKA.

Setelah itu, DPK juga menggelar games sesi 1 yang dilakukan secara berkelompok oleh seluruh peserta LDKO disusul oleh tim DPK. Adapun games tersebut ialah memperagakan bacaan yang disampaikan secara estafet dari ketua ke anggota pertama hingga ke anggota terakhir. Tujuan dari games ini adalah untuk menyimak informasi dengan seksama sebelum disampaikan kepada orang lain. Karena informasi yang diterima terkadang tidak sesuai dengan realitanya. Seorang pemimpin harus mampu menelaah setiap informasi baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak terjadi kekeliruan dan konflik dikemudian hari. Sesi ini pun ditutup dengan jargon HIMATIKA.

“LDKO HIMATIKA…?

Satukan rasa, satukan jiwa! Semangat kami selalu bersama!

HIMATIKA…?

Membara!”

Seluruh peserta diarahkan untuk tidur tepat pada pukul 22.10 WIB.

Tak terduga, kira-kira pukul 01.30 WIB seluruh peserta dibangunkan dengan suara nyaring, keras dan tegas. Pintu kamar pun digedor kencang. Perasaan kaget mebuat mata yang sayu pun melek, bergegas bangun, berdiri mengambil dan memakai almamater serta berlari keluar dalam kondisi gelap, semua lampu ruangan dimatikan.

“Silahkan berbaris pada hitungan ke-10, …6,7,8,9,10.” Ujar kak Rino, salah seorang dari alumni HIMATIKA. Saat itu, terdapat 2 orang peserta yang telat satu detik, keduanya disuruh maju dan ditanyakan dengan nada tinggi. Masing-masing menjawab dengan kepala menunduk dan sedikit gemetaran.

“Kalian telah disuruh untuk membawa slayer dan gula merah, kalian akan diberi waktu untuk mengambilnya. Pada hitungan ke-10 kalian sudah kembali berbaris.“ ucapnya dilanjut menghitung. Saat pengambilan barang tersebut terdapat 3 peserta yang tidak berhasil mengambilnya. Diantara ketiganya ada yang tidak sempat mengambil gula, ada juga yang tidak sempat mengambil slayer. Ketiganya mendapat sanksi dari alumni.

Kemudian, seluruh peserta diperintahkan untuk berlari ke lapangan dengan memakai sepatu. Waktu untuk mencari, memasang sepatu dan sampai di lapangan hanya 15 hitungan saja. Pada saat inilah pembagian kelompok baru, semua kelompok diharuskan mencari, menemukan dan memasuki 5 pos dengan mata tertutup kecuali ketua kelompok. Ketua berperan menuntun anggotanya, dan anggota mengikuti arahan ketua. Pada pos 1, name tage akan diambil secara paksa, pos 2 disuruh memecahkan air dan mematikan lilin, hingga pos ke-5. Setiap pos memiliki kesulitan masing-masing sesuai dengan nama posnya; nama setiap pos dirahasiakan. Kegiatan ini sering disebut Jurit Malam yang bertujuan untuk melatih mental peserta.

Pada pukul 04.00 WIB seluruh peserta diperintahkan untuk kembali ke lapangan dan membentuk lingkaran. Jurit Malam diakhiri dengan api unggun dan games kecil-kecilan. Setelah itu, peserta diarahkan untuk mandi, sholat, istrahat, olahraga bersama, sarapan disusul oleh sharing session oleh Kak Yanto, alumni periode 2019/2021. Kemudian materi sesi 2 disampaikan oleh miss Selly Septiani, alumni HIMATIKA sekaligus dosen Sistem Informasi, Serang UNPAM. Materi berjudul “Manajemen Organisasi dan Konflik” , berisi tentang cara mengatur waktu dan mengatasi berbagai konflik yang muncul dalam sebuah organisasi.

Kemudian, disusul dengan materi “Networking” yang disampaikan oleh kak Andi, alumni HIMATIKA juga. Dalam materinya menjelaskan bagaimana membangun dan memelihara relasi baik internal maupun eksternal. Selain itu, beliau juga menyampaikan beberapa aplikasi yang mampu membantu mengembangkan karier mahasiswa, seperti Canva, Linkin, Instagram, WordPress dst. Berbagai aplikasi yang dimanfaatkan secara baik pasti akan memberi dampak positif untuk kemajuan bersama. Setelah penyampaian materi berakhir, makan siang pun digelar dengan menu mie sedap goreng, nasi goreng, dan tempe. Inilah menu sederhana jurus menghemat pengeluaran.

Selesai makan dilanjut dengan games yang terdiri dari tarik sarung, borgol kaki, estafet tepung dan terusin lagu. Setelah game berakhir, seluruh peserta merapikan barang bawaan dan lainnya. Kegiatan ini ditutup dengan apel sore yang berisi ucapan selamat, ucapan terima kasih dan ucapan maaf untuk segala sesuatunya yang disampaikan oleh DPK dan Alumni. Tepat pada pukul 17.15 WIB, seluruh peserta dan DPK serta Alumni pun pulang ke rumah masing-masing.

Bagikan Artikel Ini