Beranda » Tips Makanan Sehat Mahasiswa dan Anak Kost

Tips Makanan Sehat Mahasiswa dan Anak Kost

Ilustrasi - Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Wahai anak kos mau ikut pola makanan sehat?

Bisa dong, ini caranya!
Tinggal ditempat kost saat ini menjadi pilihan sebagian orang, bukan hanya mahasiswa saja bahkan pekerjaan kantoran banyak yang memilih untuk tinggal di kostan.mahasiswa atau pekerja yang juga anak kost tak jarang memiliki pola hidup kurang sehat seperti makan kurang teratur. Ini tentu kurang baik bagi kesehatan, jika tidak saat ini maka dapat berdampak saat tua nanti. Oleh karena itu anak kost tetap perlu menjaga dirinya dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur.

Pastinya mahasiswa atau anak kost senang kepraktisan. Mie instan yang mudah dimasak kadang menjadi makanan sehari-hari padahal itu kurang baik bagi kesehatan. Makanan untuk anak kost yang sehat tidak harus mahal, ada banyak jenis makanan yang sehat, dan mudah dimasak dan harganya mudah dijangkau (murah). Berikut makanan sehat untuk anak mahasiswa dan anak kost:

1.Memasak sendiri

Biasanya ditempat kost, ada dapur untuk memasak sendiri dan itu bisa dimanfaatkan. Anak kost kadang enggan untuk memasak sendiri karena tidak mau repot dan jalan pintasnya yaitu membeli makanan diluar atau memasak mie instan dan itu bukan pilihan yang tepat. Maka dari itu apabila tidak ada jadwal kuliah terlalu pagi maka sempatkanlah berbelanja kebutuhan memasak sendiri. Makanan yang dibuat sendiri cenderung lebih sehat karena mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan cara memasaknya.

Ada banyak makanan Ala-ala anak kost yang sehat dan mudah dibuat seperti: membuat sayur sop atau sayur bening dengan tahu tempe goreng itu sudah lebih sehat dari pada selalu membeli masakan dari luar. Selain itu bisa juga membuat makanan yang praktis namun tetap sehat seperti bubur atau sandwich roti gandum dan kita bisa membeli di indomart atau alfamart terdekat.

2. Sayuran dan buah-buahan

Makanan sehat untuk anak kost sebenarnya sama dengan yang diperuntukan bagi orang dewasa lainnya yang juga harus mengikutsertakan sayuran dan buah-buahan. Mahasiswa yang tinggal di kost kadang tak sempat memakan buah-buahan, apalagi jika uang saku menipis, sebenarnya ada banyak buah-buahan yang murah dan tetap bisa sehat dimakan seperti: pisang,semangka, pepaya. Sedangkan untuk pekerja bisa memilih buah yang bervariasi.
Sayuran juga seharusnya ditambahkan setiap menu masakan karena sayuran mengandung serat yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat. Kandungan antioksidan juga bisa mencegah beragam macam penyakit menyerang.

3. Jangan Lupa protein

Protein berfungsi mengatur metabolisme tubuh sehingga cukup penting sebagai asupan penting setiap hari. Makanan yang dikonsumsi sudah seharusnya mengandung protein, baik itu hewani atau nabati.beberapa makanan yang merupakan sumber protein misalnya daging, telur,ikan,susu, dan lain-lainnya. Karena kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan pada rambut dan gangguan pertumbuhan khususnya pada anak-anak. Anak kost dan mahasiswa kadang terhemat sehingga lupa menambahkan protein pada makanannya. Jadi sebenarnya tahu dan tempe sudah mengandung protein jadi tidak diharuskan mengonsumsi daging tapi dianjurkan.

4. Jangan terlalu banyak gula

Terlalu banyak gula bisa mengakibatkan diabetes dan itu tentunya tidak ingin dialami oleh siapa pun. Kebiasaan mengonsumsi gula sejak muda bisa jadi kebiasaan yang akan terbawa sampai dewasa. Apalagi jika memliki orang tua yang menderita diabetes maka kemungkinan menderita bisa lebih besar. Maka dari itu sejak muda kita biasakan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, Dan sebaiknya dibatasi.

5. Minum Air putih

Minum air putih bisa jadi hal yang sepele, namun cukup penting dengan asupan yang cukup. Banyak anak muda yang kurang memperhatikan jumlah air putih yang diminum setiap harinya. Maka dari itu penting agar selalu menyiapkan air putih didalam kamar kost agar bisa diminum secara rutin. Kebutuhan air putih setiap harinya mencapai 2 Liter. Ini tak jarang masih tidak dipenuhi oleh sebagian orang. Mahasiswa yang masih muda dan jauh dari orang tua juga kadang kurang peduli dengan asupan air putihnya, misalnya hanya minum selesai makan saja. Ada baiknya untuk selalu menyediakan air putih baik dalam kost atau saat keluar kamar dengan air mineral kemasan.

6. Makan dengan teratur

Makanan dengan teratur bisa mencegah timbulnya penyakit seperti maag.anak kost yang pekerja kantoran kadang sibuk mengerjakan tugas sehingga lupa makan dengan tidak teratur. Apalagi tidak ada orang tua yang mengawasi serta tidak ada yang menyediakan langsung. Ada baiknya kita membiasakan diri untuk makan tepat waktu mulai dari sarapan makan siang, dan makan malam dengan porsi yang cukup.

7. Memilih cemilan yang sehat

Anak kost biasanya juga senang makan cemilan apalagi yang pedas-pedas sungguh nikmat. sayangnya saat ini banyak jenis cemilan yang tak sehat dan malah menjadi tren. Mengonsumsi junk food atau gorengan sebenarnya boleh saja asalkan tidak berlebihan. Untuk kebutuhan sehari-hari ada baiknya untuk membiasakan diri dengan cemilan sehat seperti buah-buahan.

8. Diet yang sehat

Bagi wanita, apakah itu mahasiswa atau pekerja kantoran, penampilan tubuh bisa jadi hal yang penting. Melakukan diet kadang dilakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki penampilan. Sayangnya tak jarang diet yang dilakukan dengan benar. Misalnya saja makan terlalu sedikit mencukupi kebutuhan tubuhnya.
Jika ingin melakukan diet penurunan berat badan maka harus tetap memperhatikan kebutuhan asupan makanan yang diperlukan tubuh. Jangan diet yang dilakukan malah membuat tubuh menjadi sakit, bukan sehat.

Carenang, 23 November 2021

Nadiya Putriyani Mahasiswa Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Bagikan Artikel Ini