Beranda » Teater Lonceng Borong Nominasi FTKJ 2022

Teater Lonceng Borong Nominasi FTKJ 2022

Bekerjasama dengan Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta dan Kalabuku, Teater Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, selaku panitia sekaligus tuan rumah telah sukses melaksanakan Festival Teater Kampus Jakarta (FTKJ) 2022 dengan tema utama “Metamorfosis”.

“Tujuan diadakannya FTKJ 2022 ini yakni untuk menampung teman-teman teater kampus, karena di tahun ini teman-teman teater kampus sudah tidak bisa lagi ikut festival teater Jakarta,” kata Ketua FTKJ 2022, Muhamad Saepudin, UIN Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan FTKJ 2022 menampilkan sembilan grup peserta finalis dari DKI Jakarta dan sekitarnya yaitu Teater Camuss, Teater Hijrah, Teater Hijau 51, Tema Gunadarma, Teater Meraki, Komunitas Ranggon Sastra, Bengkel Kreasi Seni Teknik UI, Teater Patri, dan Teater Lonceng sebagai perwakilan Universitas Pamulang.

Dengan itu, Muhamad Saepudin mengatakan bahwa kawan-kawan mahasiswa sangat antusias sekali dalam menghadiri acara penutupan dan penganugerahan dengan tema “Kondangan Teater” untuk menunggu 14 nominasi yang akan disebutkan.

Adapun 14 kategori nominasi itu antara lain yakni Aktor dan Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, Produksi Terbaik, Tata Cahaya Terbaik, Musik Terbaik, Tata Kostum Terbaik, Tata Rias Terbaik, Tata Panggung Terbaik, Video Teaser Terbaik, Desain Poster Terbaik, dan Grup Teater satu sampai tiga Terbaik.

Dengan diumumkannya itu, Teater Lonceng menjadi salah satu grup teater yang paling banyak menyabet nominasi dengan 8 nominasi yakni Video Teaser Terbaik, Desain Poster Terbaik, Tata Cahaya Terbaik, Tata Rias Terbaik, Musik Terbaik, Tata Panggung Terbaik, Tata Kostum Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Dari 8 nominasi yang didapatkan oleh Teater Lonceng itu, 2 di antaranya menjadi pemenang nominasi dengan kategori Tata Kostum Terbaik dan Aktor Terbaik yang diberikan kepada Ahmad Zulkarnaen.

“Saya sangat bangga pada teman-teman Teater Lonceng semua karena sudah borong 8 nominasi, walaupun dari 8 nominasi itu, Teater Lonceng memenangkan 2 yaitu kostum dan aktor. Tapi 8 nominasi itu juga sudah masuk 3 besar, jadi anggaplah yang 8 itu juara 3 semua,” kata Ahmad Zulkarnaen, Universitas Pamulang, Rabu (26/20/2022).

Dia mengungkapkan bahwa meskipun Teater Lonceng itu nomaden di kampus sendiri, tapi itu bukan menjadi suatu halangan untuk tetap berproses dan mencapai tujuan dalam berteater.

“Teater Lonceng itu nomaden di kampus sendiri, enggak punya tempat latihan, berpindah-pindah, bahkan kadang sampai diusir oleh pihak keamanan kampus. Tapi itu bisa menjadi motivasi agar kami harus punya capaian dengan menyabet nominasi, dengan harapan semoga Teater Lonceng di pelukan Universitas Pamulang ini mempunyai tempat yang tetap untuk latihan, itu saja dulu,” pungkasnya.

Bagikan Artikel Ini