Beranda » Pengaruh Bahasa Jawa Terhadap Bangsa Indonesia

Pengaruh Bahasa Jawa Terhadap Bangsa Indonesia

Apakah kalian sudah memahami apa itu bahasa? Ya, Bahasa ialah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainya dan bahasa adalah alat termudah untuk berinteraksi setiap harinya di ruang lingkup masyarakat umum. Apakah kalian semua tau bahasa apa yang sangat familiar di negara Indonesia? Bahasa yg paling familiar ialah bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan bahasa yang sering dipergunakan oleh masyarakat Indonesia, Apakah kalian termasuk orang yang selalu berkomunikasi dengan bahasa Jawa atau bahasa daerahnya masing-masing? Bila iya maka sangat baik sebab dengan berkomunikasi menggunakan bahasa wilayahnya sendiri kalian dapat melestarikan budaya Indonesia.
Indonesia sendiri terdapat aneka macam bahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi tetapi hanya terdapat satu bahasa utama yang dipergunakan di Indonesia yaitu “Bahasa Indonesia walaupun bahasa Indonesia menjadi bahasa utama namun tidak seluruh rakyat Indonesia dapat menggunakan serta tahu bahasa Indonesia yang baik serta tepat. nah sebab itu lah masyarakat lebih cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang telah termodifikasi oleh bahasa daerah, Baik secara pengucapan dan pula arti bahasa.
Bahasa merupakan system lambang arbiter yang dipergunakan masyarakat untuk berkomunikasi. Negara Indonesia mempunyai beragam suku, budaya, dan bahasa. Yang salah satunya ialah bahasa Jawa. Masyarakat yang berasal pulau Jawa banyak yang melakukan migrasi keberbagai pulau di Indonesia, salah satunya di provinsi Kalimantan tengah, Terdapat kurang lebih 23,93% masyarakatnya yang berasal dari pulau Jawa.
Bahasa menjadi hal yang tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari hari, Tidak perduli itu anak-anak, remaja, maupun dewasa semua akan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, Baik itu bahasa daerah, Maupun bahasa nasional. Salah satu bahasa daerah yang sering kali terucap di Indonesia adalah bahasa Jawa. Ada 3 fakta yang unik tentang bahasa Jawa itu sendiri, mungkin diantara kalian semua belum menyadarinya, 3 fakta tersebut ialah bahasa Jawa tidak terikat waku, Bahasa Jawa menjadi indeks kesopanan, dan bisa dikemas arabik atau aksara Jawa.
Penuturnya mendekati 50% dari jumlah penduduk Indonesia. Bahasa Jawa menjadi bahasa yang masih hidup dan tidak akan terlepas adanya kontak bahasa lain, khususnya bahasa Indonesia. Adanya dampak bahasa lain dalam bahasa Jawa pertanda bahwa Bahasa Jawa adalah bahasa yg mempengaruhi bahasa Indonesia, Khususnya pada kosa kata, yuk kita kupas apa saja pengaruh bahasa Jawa terhadap Indonesia :
1.) Bangsa Indonesia mempunyai kosakata yang banyak.
Adanya bahasa jawa dan wilayah lainya membuat bangsa Indonesia kaya dengan kosa kata yang diambil berasal istilah istilah serapan yang dari asal bahasa wilayah tertentu.
2.) Menjadi kekayaan bangsa Indonesia.
Dengan banyaknya budaya yang tersebar di Indonesia, Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak kebudayaan. antara lain adalah batik yg telah diakui oleh berbagai negara, bahkan dunia.
3.) Menyebabkan keakraban pada berkomunikasi.
Ketika masyarakat pada suatu daerah berkomunikasi dengan masyarakat lainya, dan pada saat itu mereka sedang berada pada luar daerahnya, maka akan terdapat keakraban dan kenyamanan dalam berkomunikasi karena sedang berbicara dengan orang yang satu daerah dan satu bahasa.
nah! jadi, kalian sudah memahami Jika ada 3 dampak bahasa Jawa terhadap bangsa Indonesia, namun tidak hanya bahasa Jawa yg bisa mempengaruhi bangsa Indonesia karena pada intinya bangsa Indonesia ialah negara kepulauan yg mempunyai banyak ragam budaya sampai bahasa sehingga bisa saja banyak bahasa daerah yang mempengaruhi negara Indonesia.
Dengan kalian semua memakai bahasa daerah bisa ikut melestarikan budaya yg telah diturunkan dari zaman dahulu hingga saat ini. jangan pernah merasa malu untuk melestarikan budaya karena budaya adalah salah satu ciri spesial dari suatu negara. semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian untuk mengetahui bahasa Jawa, dan jangan pernah lupa untuk selalu menjunjung tinggi budaya negara kita.
Bagikan Artikel Ini