Beranda » Pentingnya Peregangan Sebelum Olahraga

Pentingnya Peregangan Sebelum Olahraga

Tahukah kalian bahwa peregangan itu sangat penting untuk aktivitas olahraga kita. Pentingnya peregangan dapat mengantisipasi supaya otot tidak kaget disaat kita sedang melakukan aktivitas olahraga. Olahraga sangat bagus untuk kesehatan, akan tetapi kita harus melakukan peregangan terlebih dahulu. Karena jika kita langsung memulai tanpa peregangan, bisa menyebabkan cidera ringan bahkan cidera serius. Banyak sekali orang-orang di luar sana yang melakukan olahraga tetapi lupa akan peregangan.
Tapi apakah kalian sudah paham bagaimana cara peregangan yang baik dan benar? Berikut ini saya akan jelaskan tata cara peregangan yang baik, di antaranya:
1. Peregangan betis
Sandarkan lengan bawah kalian ke dinding untuk fokus. Lalu tempelkan dahi kalian di punggung telapak tangan. Tekuk satu lutut dan bersandar ke dinding. Keadaan kaki kalian di belakang harus lurus, telapak kaki harus menempel di lantai. Sekarang, gerakkan pinggul kalian ke depan sambil menjaga kaki belakang tetap lurus dan telapak kaki menempel di lantai, lalukan selama 10 detik.
2. Peregangan pangkal paha sambil duduk
Selanjutnya kalian duduk di lantai, lalu letakkan telapak tangan kalian ke dekat kaki. Perlahan kalian tekuk badan ke depan dari pinggul sampai kalian merasakan regangan ringan di pangkal paha. Lalu kalian tahan regangan ini selama 15 detik. Akan lebih baik jika dilakukan dengan benar. Hembuskan nafas saat kalian melakukan peregangan.
3. Luruskan kaki kalian ke kanan
Kaki kiri tetap dalam keadaan ditekuk. Telapak kaki kiri kalian menghadap ke bagian dalam kaki kanan atas. Jangan pernah kalian mengunci lutut kaki yang lurus, kaki kanan harus dengan lutut sedikit ditekuk. Sekarang untuk meregangkan otot paha belakang dan sisi kiri punggung bawah. Bungkukkan tubuh kalian ke depan dari pinggul, sambil kalian menghembuskan nafas sampai merasakan regangan yang ringan. Tahan 10 – 15 detik dan bernapaslah perlahan. Selanjutnya, sentuh paha depan kaki kanan kalian untuk memastikan bahwa kalian dalam keadaan tenang.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manfaat peregangan sebelum olahraga itu banyak. Dengan melakukan peregangan, kita dapat memperkuat otot. karena dapat menjaga agar otot tetap kuat dan sehat. Sirkulasi darah menjadi optimal, darah tersebut mengalir membawa oksigen serta menyingkirkan zat-zat yang tidak berguna pada jaringan otot. Lalu dapat menjadikan postur tubuh menjadi lebih baik. Peregangan membuat otot di tubuh menjadi lentur dan fleksibel, sehingga kita dapat memiliki postur tubuh yang lebih baik. Lalu peregangan dapat meredakan stres, dengan membuat otot kembali pada status asalnya, beban stres yang dialami akan ikut menurun.
Jadi, peregangan itu sangat penting untuk dilakukan sebelum kita berolahraga. Karena tujuan dari peregangan adalah melemaskan otot-otot kita sebelum otot diajak untuk berolahraga. Maka dari itu kalian jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan.
Bagikan Artikel Ini