Beranda » Kesehatan Mental Suatu Hal yang Perlu Diketahui

Kesehatan Mental Suatu Hal yang Perlu Diketahui

Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan watak atau batin manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental yang baik adalah kondisi dimana seseorang dapat menjalankan keseharian dengan tenang dan tentram. Selain sehat fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan, seseorang dengan kesehatan mental yang baik cenderung dapat mengontrol emosional atau tindakan mereka. Menurut World Health Organization (WHO), seseorang dapat dikatakan sehat mental apabila memiliki kemampuan untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki, menghadapi permasalahan sehari-hari dan bekerja secara produktif.

Berikut adalah beberapa gangguan mental yang diketahui secara umum, diantaranya: Bipolar, depresi, stress, trauma, psikosis, skizofrenia dan gangguan kecemasan. Penyebab seseorang mengalami gangguan mental terbagi menjadi dua, 1. Faktor biologis atau disebut gangguan mental organik, contohnya seperti kelainan bawaan atau cedera pada otak, penyalahgunaan NAPZA dalam jangka panjang, gangguan pada fungsi sel saraf di otak dan kekurangan nutrisi. 2. Faktor psikologis, contohnya seperti peristiwa traumatik (kekerasan dan pelecehan seksual), kehilangan orang tua atau disia-siakan di masa kecil, kurang mampu bergaul dengan orang lain, perasaan rendah diri, tidak mampu, marah atau kesepian dan lain sebagainya.

Kerugian akibat kesehatan mental tidak terjaga antara lain: tidak bahagia, sulit menikmati hidup, melukai diri sendiri, melemahnya sistem imun tubuh dan lain sebagainya. Maka dari itu, mengapa kita harus menjaga kesehatan mental? Karena kesehatan mental membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus yang baik. Kesehatan mental yang buruk dapat mengakibatkan menurunnya imun kesehatan fisik kita, begitu pula sebaliknya. Jika kita sudah merasa terganggu dengan mental atau perasaan yang membuat tidak nyaman, sebaiknya kita konsultasikan ke Psikolog untuk mendapat bantuan yang lebih baik.

Tips menjaga kesehatan mental antara lain:

  1. Menjalin hubungan baik dengan orang lain
  2. Sayang terhadap diri sendiri
  3. Berkumpul dengan orang yang mendukung
  4. Tidur dengan cukup
  5. Mengkonsumsi makanan yang sehat
Bagikan Artikel Ini