Beranda » Teater Bertajuk ‘Wanita Hilang Harapan’ Karya Betawi Portal Menteng Dalam

Teater Bertajuk ‘Wanita Hilang Harapan’ Karya Betawi Portal Menteng Dalam

Teater adalah seni pementasan sebuah lakon yang dipentaskan di atas panggung. Teater menggambarkan tingkah laku manusia melalui gerak, tarian dan nyanyian, melengkapi dialog dan akting. Bertajuk Wanita Hilang Harapan, pementasan teater ini merupakan pementasan ke empat di Festival Teater Jakarta Selatan 2022. Teater ini dipersembahkan oleh Sanggar Betawi Portal Menteng Dalam oleh sutradara Septian Syahrul. Teater ini diselenggarakan tepatnya pada Selasa, 13 September 2022.
Teater bertajuk Wanita Hilang Harapan ini menceritakan tentang seorang gadis muda bernama Juleha yang merupakan seorang penari. Pada suatu hari, Juleha, yang sedang asyik menari, tiba-tiba bertemu dengan sekelompok pria yang berjumlah empat orang. Keempat pria itu kemudian mendekat ke arah Juleha dan langsung melecehkan Juleha secara seksual. Juleha terkejut dan langsung menangis. Namun, setelah beberapa saat, seorang pria muda datang untuk menolong Juleha dari tindak pelecehan seksual tersebut. Pria itu segera membawa Juleha ke tempat yang lebih aman dan menenangkan Juleha yang sedang menangis. Kejadian ini meninggalkan trauma mendalam bagi Juleha. Dia merasa seperti wanita yang putus asa. Hidupnya tidak pernah bahagia. Masa depannya suram karena keperawanannya telah direnggut oleh pria yang jahat. Hingga pada akhirnya Juleha memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.
Teater Wanita Hilang Harapan ini mengusung tema dan budaya Jakarta. Teater ini juga menyuguhkan tarian tradisional dari daerah Jakarta. Beberapa penari juga mengenakan kostum tradisional khas Betawi. Lagu-lagu yang ditampilkan juga merupakan lagu daerah Jakarta. Kemampuan adu akting dari para pemainnya sangat penuh perasaan dan layak untuk di apresiasi. Plotnya juga menarik dan realistis. Susunan suara dan cahayanya juga sangat pas dengan adegan cerita ini. Meskipun teater Wanita Hilang Harapan ini memiliki akhir yang menyedihkan, namun tetap membuat penonton terkesima.
Bagikan Artikel Ini