Beranda » Jerawat Membuat Anda Tidak Percaya Diri? Yuk Konsumsi 5 Buah Ini

Jerawat Membuat Anda Tidak Percaya Diri? Yuk Konsumsi 5 Buah Ini

Pada umumnya jerawat sering terjadi pada remaja dan dewasa. Kemunculan jerawat seringkali membuat kita merasa tidak percaya diri. Jerawat adalah infeksi kulit yang terjadi akibat tersumbatnya saluran kelenjar minyak pada kulit dan rambut atau saluran pilosebasea. jika saluran pilosebasea tersumbat, minyak tidak akan keluar dan akan mengumpul di dalam saluran, dan akan mengakibatkan pembengkakan serta akan membentuk komedo. (Hafsari et al, 2015). Sekarang anda tidak perlu khawatir anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menghilangkan jerawat.
1. Lemon
Dilansir dalam sebuah penelitian jurnal “BioMed Research International” mengungkapkan bahwa kandungan flavonoid pada kulit lemon bersifat anti-karsinogenik dan dapat melindungi kulit. Zat karsinogen dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu kandungan Flavonoid ini disinyalir juga bisa membantu tubuh membasmi jerawat dari dalam.
2. Buah Beri
Walaupun buah ini terlihat kecil namun jangan salah loh buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Keduanya memang tidak pernah diragukan lagi untuk mengobati jerawat. Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang dapat memicu sitokin untuk peradangan. Oleh karena itu, vitamin C mempunyai aktivitas antiperadangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat. Selain itu, vitamin C pada buah beri juga mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang.
3. Buah Apel
Buah apel terdapat kandungan anti acne yakni quercetin. quercetin bekerja sebagai zat anti inflamasi. quercetin bekerja dengan cara bersirkulasi dalam aliran darah yang berada dalam kulit. Selanjutnya, quertecin bekerja dalam kulit dengan cara menghalangi sel-sel yang bertugas memproduksi histamine. histamine sendiri diketahui berperan penting sebagai salah satu zat pemicu munculnya jerawat. Dilansir dari laman Fimela anda tidak perlu makan terlalu banyak apel untuk mendapatkan mafaat dari quercetin tersebut. Anda hanya butuh makan satu buah apel saja per hari. Satu apel per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan quercetin anda.
4. Pisang
Pisang dan kulitnya adalah obat buatan rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Anda dapat langsung mengoleskan kulit pisang ke dalam jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri. Juga, kamu bisa gunakan masker wajah dengan campuran pisang tumbuk, madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembapkan kulit. Setelah selasai, cuci wajah dengan air dingin dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal kamu perlu konsisten melakukan perawatan ini.
5. Manggis
Dilansir dari laman resmi halodoc, ternyata Kulit manggis dapat dimanfaatkaan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang bisa melenyapkan produksi relatif oksigen yang mengandung zat berbahaya. Kandungan antioksidan ini mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat. Kulit manggis diduga juga mampu menekan produksi radikal bebas yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.
Itulah buah-buahan yang dapat anda gunakan dan konsumsi untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat.
Bagikan Artikel Ini