Beranda » Indikator Keberhasilan Program Mutu Lingkungan

Indikator Keberhasilan Program Mutu Lingkungan

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM MUTU LINGKUNGAN
Tangerang Kab. 21 September 2022
Oleh : Jamaluddin

Meningkatkan Mutu lingkungan merupakan  Bagian Program Kerja setiap lembaga Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) pada suatu wilayah atau Permukiman tertentu. Menjadikan lingkungan lebih bermutu tidak lepas dari menjalankan Kegiatan Strategis yang sudah dibuat (created) dan direncanakan (Plann) dalam suatu Program Kerja dengan tujuan untuk menunjang program Peningkatkan Mutu lingkungan. Biasanya kegiatan yang telah diprogramkan dengan baik diharapkan tujuan bisa terealisasi. harapan pencapaian program Mutu lingkungan dapat memberikan manfaat dari kegiatan tersebut dan hasil bisa dirasakan oleh semua pihak tidak hanya pengurus lingkungan akan tetapi termasuk warga masyarakat yang bermukim diwilayah tersebut.

Selain program Strategis, program Mutu lingkungan harus berorientasi tepat guna dan sasaran. Program Mutu lingkungan juga dimaksudkan bernilai guna (utilies) dan tepat sasaran (Target). sesuai espektasi dengan membandingkan Perencanaan terhadap realisasi program dalam prosentase kinerja Mutu lingkungan dalam periode tertentu. Standar kinerja Mutu lingkungan dapat diukur dengan berbagai macam metode salah satunya dengan Key Performance Indikator (KPI) suatu lembaga. dalam metode lainnya seperti pengukuran kinerja kuantitative dan kinerja kualitative.

Program yang sudah dirancang dengan baik secara Strategis, tepat guna dan sasaran pasti akan mengalami kendala dalam Pelaksanaan nya nah disini kita perlu melakukan fungsi Monitoring dan Evaluating (Monev), Monitoring yang berarti melakukan kontrol atas program kerja sedangkan evaluating yakni menilai sejauh mana program tercapai. semuanya tidak terlepas dari Peran serta  baik pengurus maupun warga. perlunya manajemen KPI didalam mengelola sebuah organisasi Non-profit dalam hal ini adalah lingkungan Social kemasyarakatan.

Berdasarkan Indikator kesuksesan program lingkungan, lingkungan sosial kemasyarakatan akan menjadi harapan semua warga dan Mutu lingkungan tercapai manakala itu bisa terwujud. Indikator Keberhasilan lingkungan sosial Bisa dilihat dari  Tercapainya Program pembangunan sarana dan Prasarana yang bisa dirasakan manfaatnya oleh warga  lingkungan tersebut.

Keberhasilan Lingkungan melalui program Pembangunan Sarana dan Prasaran bisa dilihat dari bertambahnya jumlah Aset/Proferti, Fasilitas Umum, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jalan, Penerangan Jalan, Dan lainnya. Terbangunnya sarana dan Prasarana perlu didukung oleh semua pihak mulai dari proses Pembangunan sampai kepada Menjaga Sarana dan prasarana agar tetap utuh dan berkesinambungan. Aset lingkungan tetap dirawat, tidak rusak dan bisa dirasakan mamnfaatnya oleh semua pihak.

Selanjutnya Indikator Keberhasilan Lingkungan bisa kita tinjau juga dari Kebersihan Lingkungan, beberapa hal yang mendukung terwujudnya Keberhasilan Kebersihan Lingkungan diantaranya;
pertama, Meningkatnya kepedulian Warga disekitar Wilayah Permukiman melalui kegiatan kebersihan lingkungan RT/RW. ini bisa kita lihat adanya kepedulian warga dalam kegiatan Gotong Royong atau kerja bakti secara periodik.

Kedua, Meningkatnya partisipasi warga terhadap kegiatan-kegiatan terkait kebersihan lingkungan yang diadakan di masing-masing RT/RW. Biasanya ini ditandai dengan  warga yang datang ikut membantu Pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhirnya kegiatan kebersihan dilaksanakan.

Ketiga, Menjaga kebersihan lingkungan secara kontinu. selain adanya kegiatan rutin Kebersihan lingkungan kita juga harus Menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan penuh kesadaran akan pentingnya lingkungan bersih. lingkungan yang bersih tentunya akan mendatangkan kesejukan dan kenyamanan.

Keempat, Keberhasilan Lingkungan bisa dilihat dari Tidak ada penumpukan sampah selain di tempat yang telah disediakan. terkadang kita masih sering membuang sampah baik sampah organik dan sampah Non organik atau sampah konsumsi rumah tangga tidak pada tempatnya. ini juga perlu adanya tempat pembuang sampah yang memadai cukup untuk menampung sampah. bila tidak memadai maka bisa menyebabkan sampah akan menumpuk dan mengganggu Kebersihan lingkungan.

Kelima, Keberhasilan lingkungan dilihat dari Tidak tersumbatnya sistem drainase di wilayah Permukiman. ini perlu kesadaran juga semua warga agar Membersihkan saluran drainase secara rutin. pada saat musim penghujan saluran drainase yang tersumbat akan menyebabkan air tidak mengalir masuk kebadan jalan sehingga menyebabkan resiko kebanjiran disuatu Permukiman.

Dari kelima Keberhasilan Lingkungan diatas, penulis menitikberatkan Adanya Partisipasi dan kontribusi warga dan peran pengurus disuatu lingkungan agar program kerja yang dilihat dari Indikator Keberhasilan Mutu lingkungan dapat tercapai dengan baik. Mari kita canangkan giat Mencintai lingkungan dan Peduli terhadap lingkungan dengan berpartisipasi aktif dilingkungan tempat tinggal kita masing-masing.
(Jamaluddin)

Bagikan Artikel Ini