Beranda » Penerapan Etika Ketika Berkeja di Rumah

Penerapan Etika Ketika Berkeja di Rumah

Dibuat Oleh: Achmad Abdul Aziz (2211600560), Mahasiswa Universitas Budi Luhur, Program Magister Ilmu Komputer.

WFH (Work From Home) adalah cara bekerja baru yaitu di rumah yang diterapkan selama tingginya kasus COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Cara bekerja baru ini masih tetap dilakukan oleh beberapa perusahaan meskipun saat ini angka COVID-19 sudah menurun dan perusahaan diizinkan untuk bekerja kembali di tempat. Ada banyak alasan kenapa perusahaan akhirnya memilih untuk WFH atau Hybrid (Bergantian bekerja di kantor) antaranya adalah tempat yang sudah tidak cukup menampung jumlah karyawan yang tetap berkembang selama Pandemi. Setelah perusahaan mulai beranjak untuk menerapkan WFH namun saat ini yang menjadi kekhawatiran utama adalah karena banyak-nya norma norma bekerja yang dilanggar selama masa WFH ini.

1. Tepat Waktu

Meskipun kita sudah bekerja di rumah bukan berarti kita meninggalkan budaya tepat waktu selama bekerja di kantor. Seharusnya selama bekerja di rumah kita jadi memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri kita sebelum bekerja dan menjadi lebih terjadwal selama di jam kerja. Jadi kita tetap harus tepat waktu ketika masuk ke ruangan meeting online, salah satu caranya dengan menandakan jadwal meeting-meeting online tersebut di Google Calendar.

2. Bertanggung jawab

Ketika WFH kita juga tetap harus bertanggung jawab akan pekerjaan kita sendiri, memang dikarenakan selama WFH tidak ada yang memonitor kita seperti di kantor kita tetap harus siap siaga menerima panggilan atau meeting mendadak di jam kerja. WFH juga bukan alasan kita bisa menunda deadline yang sudah ditentukan bersama dengan Lead kita, jadi selama WFH tetap harus bertanggung jawab untuk bekerja semisal kita belum menyelesaikan perkejaan atau tugas yang sudah diberikan atasan.

3. Menghargai waktu orang lain

Selama WFH sering terjadi rekan kerja yang menghubungi kita selama di luar jam kerja. Harus dipahami ketika WFH di luar jam kerja maka akan sangat banyak point minusnya karena banyak rekan tim yang seharusnya ikut andil namun sudah tidak available di luar jam kerja. Kita tetap harus menghargai waktu pribadi dari rekan kerja kita. Jikalau memang akan ada diskusi kerja di luar jam kerja, harap untuk memastikan atau menjadwalkan waktunya agar tidak mengganggu waktu istirahat rekan kerja.

4. Menjaga data perusahaan

Selama bekerja di rumah kita juga menggunakan data-data kantor yang sangat penting dan berbahaya jikalau diketahui oleh orang lain. Menjadi tugas kita untuk menjaga data kantor tetap aman meskipun berada di luar kantor dikarenakan itu sudah menjadi tanggung jawab yang memang harus kita penuhi. Cara untuk menjaga data perusahaannya antara lain untuk tidak menggunakan WIFI Publik karena sangat rawan untuk terjadinya pencurian data. Selain itu kita juga harus selalu mengunci layar ketika kita akan melakukan aktifitas lain dan tidak berada di depan laptop kantor.

5. Tetap bekerjasama

Selama WFH kita sering melakukan semuanya sendiri dan sungkan untuk meminta bantuan dari rekan bekerja, namun hal tersebut salah selama WFH kita juga bisa saling bekerjasama jikalau ada kendala selama proses pengerjaan sesuatu. Kita boleh meminta rekan kerja kita untuk membuat meeting pribadi dan membahas kendala tersebut di meeting. Sangat disarankan untuk tidak mencoba menyelesaikan masalah yang kita sendiri tidak mengetahui cara menyelesaikannya. Karena pada dasarnya rekan kerja kita juga bekerja di masa jam kerja maka kita tetap boleh meminta pertolongan dia namun harus di perhatikan ketika kita meminta bantuan di luar jam kerja.

Bagikan Artikel Ini