Beranda » Pembuatan Produk Disinfektan Secara Mandiri Sebagai Penunjang Kegiatan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pembuatan Produk Disinfektan Secara Mandiri Sebagai Penunjang Kegiatan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Kasus COVID-19 di Indonesia diidentifikasi sejak tanggal 2 Maret 2020. COVID-19 adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan oleh oleh virus yang menular melalui droplet yang hingga saat ini tengah diupayakan untuk pemulihannya. Upaya pencegahan penularan COVID-19 yang salah satu nya adalah menjaga fasilitas bersama untuk tetap bersih dan higienis seperti yang tercantum pada Surat Edaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tanggal 5 Maret 2020, Nomor: PK.02.01/B.VI/839/2020.

Kegiatan pemerintah ini sudah mulai disosialisasikan dan dilakukan melalui Pemerintah Kota setempat yang kemudian dilanjutkan ke tingkat Kabupaten. Kecamatan, Kelurahan, Rukun Warga dan Rukun Tetangga. Dikarenakan belum meratanya bantuan Pemerintah Pusat ke daerah, tidak sedikit Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) yang masih menunggu bantuan tersebut. Hal ini yang mendasari Yayasan Panti Asuhan An-Nidzom RT 07 RW 05, Gg Haji Pendek, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang mengajukan permohonan pendampingan pembuatan disinfektan.

Kegiatan PKM ini dilakukan oleh kelompok mahasiswa Universitas Pamulang yang beranggotakan : Jeli Saputra ,Herul Sahrul Kamal, Maulidiya Zahra Almasah dan Febriyanti dengan pembimbing Ibu Lindawati, S.E., M.M.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat mahasiswa UNPAM yang dilaksanakan di Yayasan Panti Asuhan An-Nidzom dengan judul “Pembuatan Produk Disinfektan Secara Mandiri Sebagai Penunjang Kegiatan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” dilakukan dengan kegiatan berupa pemberian edukasi kepada para peserta (santri) mengenai pembuatan cairan desinfektan sesuai dengan takaran yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hasil pelaksanaan PMKM yang dilakukan pada  Sabtu, 16 Oktober 2021 dengan peserta dari Yayasan Panti Asuhan, Kecamatan Pinang Kota Tangerang menunjukkan bahwa :

1. Kegiatan yang dilaksanakan di Yayasan Panti Asuhan An-Nizom adalah kegiatan menambah pengetahuan dan pengalaman bagi peserta mengenai cara dan manfaat dari Pembuatan Produk Disinfektan dari Bahan-bahan yang sederhana. Dalam hal ini Mahasiswa membantu mereka belajar mengenai cara Pembuatan Produk Disinfektan.

2. Anak-anak dari Yayasan Panti Asuhan An-Nizom sangat senang dengan materi yang mereka dapat dari Mahasiswa akuntansi Universitas Pamulang mengenai Pembuatan Produk Disinfektan dan berharap akan dilakukan regular untuk bulan yang akan datang.

Harapan dari Mahasiswa Universitas Pamulang setelah memberikan edukasi ini masyarakat, khususnya para santri Yayasan Panti Asuhan An-Nidzom mampu membuat cairan desinfektan sesuai takaran yang dianjurkan.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini