Beranda » Lebih Efektif Kamus Fisik atau Elektronik?

Lebih Efektif Kamus Fisik atau Elektronik?

Sekarang ini kita lebih sering menggunakan bahasa asing dalam percakapan sehari-hari. Baik itu bahasa Inggris, Korea, bahkan Rusia. Jika ada bahasa yang belum kita mengerti artinya, dengan gampangnya kita membuka Google translate atau bahkan aplikasi kamus yang sekarang sudah bisa diunduh secara bebas. Tapi, apakah efektif untuk kita yang sedang belajar bahasa asing?

Ada kekurangan dan kelebihan dari kamus fisik maupun kamus elektronik. Pada kamus elektronik, kita bisa dengan mudahnya salin dan tempel kata atau kalimat yang tidak kita mengerti. Lalu aplikasi tersebut secara otomatis menterjemahkannya. Tidak perlu waktu lama dan ribet untuk mencari kamus dan mencari satu per satu kata-katanya. Kita juga bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun.

Sedangkan kamus fisik, kita harus punya minimal satu kamus untuk satu bahasa. Jika kita ingin mempelajari lebih dari dua bahasa, kita juga harus mempunyai satu dari tiap bahasa yang ingin kita pelajari. Jika kita perlu menerjemahkan suatu kata pada saat kita sedang dalam perjalanan, kamus harus selalu berada di sekitar kita. Membayangkan hal-hal yang tadi disebutkan, sepertinya kita lebih memilih kamus elektronik daripada kamus fisik.

Tapi, menurut pendapat saya yang juga sedang belajar bahasa asing justru lebih nyaman menggunakan kamus fisik karena kita bisa sembari kita mencari suatu kata yang kita cari, kita juga bisa melihat kata-kata lain yang kemungkinan bisa teringat secara tidak sadar. Misal, kita sedang mencari arti kata yang berawalan dari huruf T. kita bisa membuka kamus dari abjad T dari awalan Ta sampai Tz.

Semua kata di abjad T secara tidak langsung akan terlihat. Bahkan mungkin nanti kita akan menemukan sebuah kata yang ternyata sebelumnya sering didengar tapi belum tahu artinya.

Semuanya kembali lagi pada pilihan dan kebutuhan masing-masing. Jika ingin hemat uang, tenaga, dan waktu mungkin lebih efektif menggunakan kamus elektronik. Jika ingin mempelajari perlahan kata per kata dan menambah kosakata baru, pasti akan lebih memilih kamus fisik.

Kalau kamu, pilih kamus yang mana?

 

Bagikan Artikel Ini