Beranda » Menjaga Imunitas Tubuh, Pentingkah?

Menjaga Imunitas Tubuh, Pentingkah?

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Di era pandemi sekarang ini, pemerintah sudah memerintahkan kita untuk isolasi dirumah masing-masing dan selalu memperhatikan kesehatan tubuh kita agar tetap sehat, salah satu untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dengan cara menjaga imunitas tubuh kita dengan baik.

Imunitas sendiri apasih? Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Jadi, semakin bagus imunitas tubuh seseorang semakin bagus kekebalan tubuhnya untuk melawan virus. Jadi, disituasi seperti sekarang sangat penting bagi kita untuk berupaya menjaga sistem imunitas tubuh kita agar tetap berjalan dengan baik.

Imunitas tubuh itu sendiri mempunyai peran penting untuk kita jaga, karena jika imunitas tubuh kita tidak berfungsi dengan baik atau melemah, berbagai macam dampak negatif bisa menghampiri kita. Seperti, mudah jatuh sakit, stress berkepanjangan, dan sebagainya

Nah, maka dari itu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh itu sangat penting apalagi di saat-saat pandemi seperti sekarang ini. Karena, sistem imunitas tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menangkal atau memerangi Covid-19 ini. Di dalam rangka kita mempertahankan diri dari segala macam virus, tubuh kita seharusnya membutuhkan vitamin dan nutrisi lain yang cukup untuk membantu proses menjaga imunitas tubuh.

Lalu, bagaimana sih cara kita agar dapat membantu untuk menjaga dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita dengan baik. Berikut ada beberapa cara yang bia kita lakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita dibawah ini :

  1. Tidur dan istirahat yang cukup

Menurut sebuah jurnal penelitian yang berjudul Behaviorally Assessed Sleep and Susceptibility to the Common Cold, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam akan lebih mudah terkena flu dibanding orang dewasa yang tidur lebih dari enam jam sehari. Orang dewasa memang normalnya memiliki jam tidur antara 7-8 jam per harinya. Sedangkan untuk anak-anak biasanya 10-12 jam per hari.

Jadi, tidur dan beristirahat yang cukup menjadi salah satu cara menjaga dan meningkatkan imun tubuh yang mudah dilakukan. Karena, Saat tidur tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk sistem imun secara alami sehingga kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan baik.

  1. Berolahraga dengan teratur

Hal ini diperkuat dalam jurnal Exercise and the Regulation of Immune Functions  yang mengemukakan kalau olahraga bisa meningkat imun sistem dalam tubuh asalkan dilakukan secara rutin. Karena, ketika berolahraga tubuh kita akan melepaskan banyak hormone yang dapat membantu tubuh untuk meredakan stress dan membentuk otot didalam tubuh. Berolahraga yang dapat kita lakukan tidak harus yang berat-berat, cukup lakukan olahraga yang ringan hingga sedang, seperti Push-up, Sit-up, Jogging di pagi atau sore hari dan dilakukan seara rutin selama 15-30 menit lamanya.

  1. Menjaga Pola Makan yang Teratur

Pola makan yang teratur juga dapat menjaga imunitas tubuh kita, seperti makan 3 kali sehari dengan memakan makanan yang bergizi, Hindari untuk mengkonsumsi Junkfood atau makanan cepat saji karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, dan gula yang berlebih, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan, sayur-sayuran, dan sebagainya juga diperlukan untuk menjaga pola makan yang teratur.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Dari jurnal penelitian  Water, Hydration and Health dijelaskan kalau saat kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan ada banyak efek yang dirasakan, mulai dari sakit kepala, mudah lelah, tidak fokus, hingga terjadinya masalah pada ginjal dan hati. Meminum air putih yang cukup juga dapat menjadi cara meningkatkan imun tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik ternyata bisa membuat kita tidak mudah sakit.

  1. Mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsusi Suplemen juga harus kita lakukan. Karena, orang-orang yang memiliki imun rendah sangat membutuhkan suplemen tubuh supaya daya tahan tubuhnya kuat. Suplemen yang dibutuhkan biasanya adalah vitamin C dengan dosis maksimum 1000 mg per hari, vitamin D, zinc, dan elderberry.

  1. Berjemur di Pagi Hari Secara Rutin

Berjemur dipagi hari juga dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Karena, Berjemur di pagi hari ternyata bisa membuat tubuh mendapat asupan vitamin D alami terbaik yang berasal dari sinar matahari. Untuk mendapatkan asupan vitamin D yang maksimal dari sinar matahari, waktu yang bagus adalah mulai pukul 08.00 sampai 10.00 pagi dengan durasi waktu berjemur sekitar 10-15 menit lamanya, dan jika tidak bisa dilakukan setiap hari, cukup lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Nah itu dia beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan penyakit-penyakit yang menular, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang membacanya. Stay safe and keep healthy.

Bagikan Artikel Ini