Beranda » Edukasi Protokol Kesehatan dan Menumbuhkan Kreatifitas pada Anak di Masa Pandemi

Edukasi Protokol Kesehatan dan Menumbuhkan Kreatifitas pada Anak di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat semua masyarakat di berbagai elemen harus beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru untuk meminimalisir terjadi nya resiko penularan penyakit tersebut. Peraturan mengenai pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat pun dilakukan pemerintah demi menekan angka penyebaran penyakit mematikan ini, namun hal tersebut tidak sepenuhnya efektif karena tentu masih banyak sekali masyarakat yang perlu beraktivitas diluar rumah.

Kegiatan kampanye tentang pentingnya menerapkan prokol kesehatan di lingkungan masyarakat pun banyak dilakukan oleh berbagai macam kalangan mulai dari instansi pemerintahan, organisasi kesehatan dunia, Satgas Covid-19, sampai dengan mahasiswa. Dengan banyak nya informasi dan edukasi tentang bahaya covid dan antisipasi penanganan sederhana yang dapat dilakukan sendiri, diharapkan penularan virus ini dapat lebih dihindari. Hal tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat dewasa dilingkungan kita, namun apakah anak-anak akan dengan mudah memahaminya?

Dalam kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Universitas Pamulang yang diketuai oleh Fauzi Amansyah Purba, Anggota: Aldi Baihaqi, Aulia Akbar, Fajar Ramdani dengan Dosen Pembimbing Ibu Lindawati, S.E., M.M. bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang betapa pentingnya protokol kesehatan dimasa adaptasi kegiatan baru kepada masyarakat khususnya anak-anak di Yayasan Panti Asuhan An-Nizom dengan judul “Edukasi Protokol Kesehatan dan Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak di masa pandemi”.

Pendekatan yang dilakukan menggunakan metode yang disukai anak-anak yaitu melalui pemaparan materi yang menarik perhatian anak-anak diantaranya, mengedukasikan tentang 5M melalui games dan lainnya. Mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker terutama ketika melakukan kegiatan diluar rumah atau lingkungan Yayasan Panti Asuhan An-Nizom, Menjaga jarak, menghindari dan tidak membuat kerumunan serta mengurangi mobilitas kegiatan diluar rumah.

Kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Selain itu juga meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan. Anak- anak harus diberikan kemampuan kreativitas sejak kecil, sehingga mereka dapat memiliki ketrampilan khusus.

Adapun beberapa respon positif dari anak- anak yang didapat melalui kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2021 tersebut yaitu:

  1. Tumbuh kesadaran dalam benak anak-anak akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mengurangi kegiatan diluar rumah atau diluar lingkungan yayasan panti asuhan An Nizom.

  2. Timbulnya rasa kewajiban menggunakan masker karena masker tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri kita sendiri, akan tetapi juga melindungi orang lain dari virus Covid-19.

  3. Penyuluhan yang diberikan diterima dengan cukup baik karena materi yang disampaikan diaplikasikan ketika kegiatan telah berlangsung.

  4. Anak-anak dari Yayasan Panti Asuhan An – Nizom merasa senang dengan materi yang di dapatkan dari Mahasiswa akuntansi Universitas Pamulang perihal cara-cara menumbuhkan kreativitas sehingga bisa diterapkan pada setiap kegiatan.

Dengan adanya kegiatan PMKM ini diharapkan dapat lebih membantu pencegahan penularan virus Covid 19 khususnya kepada anak-anak sebagai generasi muda penerus bangsa. Dan tentunya dengan harapan agar pandemi segera berakhir dan anak-anak dapat melakukan kegiatan di luar rumah tanpa rasa takut atau khawatir lagi.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Program Studi Akuntansi S1

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini