Beranda » Akuntansi D3 Unpam, Mengedukasi Menabur Manfaat untuk Negeri Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat

Akuntansi D3 Unpam, Mengedukasi Menabur Manfaat untuk Negeri Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat

Foto Dokumentasi Penulis

PT. SR Herbal adalah salah satu pelaku UMKM yang yang telah ikut menyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menurut pemiliknya Ibu Nanik Sri Haryati bahwa , usahanya itu berawal dari pengalaman pribadi ketika mencampur jahe merah sendiri untuk kebutuhan sang suami, kemudian mencoba untuk ditawarkan ke temen – temenya yang diawali dengan hanya mencoba dari seperempat jahe dan gula. Ternyata tanggapanya positif, bahkan dapat usulan agar dibuat racikan. Dari hal tersebut akhirnya Ibu mandiri ini membangun bisnis jahe merah dengan nama “HAYATIQU”.

PT. SR Herbal sangat menginspirasi kita semua bahwa, kesuksesan usaha itu bisa bermula dari kegiatan harian yang kita lakukan, tidak terpikirkan bahwa usahanya akan sepesat ini, bahkan berdasarkan penjelasnya saat kami dari Prodi Akuntansi D3 Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat bahwa, produksinya dalam satu bulan bisa satu Ton jahe merah, bahkan ada rencana agar produknya bisa menembus internasional.

Program Studi Akuntansi D3 Universitas Pamulang , melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema, Pendampingan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Pada PT. SR Herbal. Program ini adalah merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan. PKM ini diketuai oleh Herlambang. S.AK.,M.Ak., CA., BKP, sebagai penggagas dan sekretaris adalah Faizah Adisty, S.Pd.,M.Pd. Serta sebagai Narasumber adalah Wardokhi, S.E.,M.M. Menurut Ketua pengabdi, alasan memilih pelaksanaan PKM pada pelaku UMKM seperti PT. SR Herbal adalah dalam rangka membantu kesulitan UMKM dalam mengimplementasikan laporan keuangannya. Sering ditemukan bahwa pelaku UMKM itu terkendala dalam hal pelaporan keuangannya. Senada dengan apa yang disampaikan oleh pemilik PT. SR Herbal, bahwa laporannya masih bercampur antara laporan usaha dengan pribadinya.

Dalam penyampaian materinya, Wardokhi, S.E .,M.M, juga menyampaikan beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh UMKM, sampai pada penjelasan tentang aplikasi Ms. Excel yang berguna untuk menginput seluruh kegiatan yang dilakukan UMKM. Narasumber juga menjelaskan bahwa aplikasi tersebut sangat membantu dalam input harian operasional UMKM. Dalam forum tanya jawab juga sangat menarik, karena ada interaksi dan juga sambutan positif dari pelaku UMKM. Harapannya program ini akan terus dikembangkan sehingga dapat menaburkan manfaat untuk sesama khusus nya pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Program ini teselenggara atas kerjasama yang baik antara dosen, mahasiswa, UMKM dan juga Perguruan Tinggi Universitas Pamulang.

Salam sehat, Salam Manfaat,

Wardokhi, SE.,MM, Dosen Akuntansi D3 Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini