Beranda » Sosialisasi Pengaruh Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak

Sosialisasi Pengaruh Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak

Perkembangan sosial media kian hari kian meningkat, pada tahun 1997 awalnya sosial media ini lahir berbasiskan kepercayaan, namun mulai dari tahun 2000-an hingga tahun-tahun berikutnya sosial media mulai diminati semua orang hingga mencapai masa kejayaannya. Pada akhirnya dalam melaksanakan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan untuk dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga meningkatkan produktivitas, dalam perkembangan sosial media ini akhirnya banyak bermunculan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang berbasis elektronik. Tidak terkecuali dalam menyajikan bahan pembelajaran melalui internet seperti surat elektronik.

Beberapa  jenis  media  sosial  yang  pada  umumnya  dimiliki   masyarakat   Indoensia   adalah Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok. Hampir semua masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan memiliki media sosial bahkan lebih dari satu.

Pada saat ini media sosial masih banyak yang belum memfilter konten atau isinya. Jadi untuk itu adanya pengawasan serta bimbingan sangatlah wajib dalam bermain media sosial untuk anak di bawah umur itu sendiri.

Oleh karena itu, Dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menjelaskan mengenai pengertian dari media sosial, dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial, serta cara menggunakan media sosial dengan baik dan benar kepada anak-anak.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan, karena mengingat anak-anak Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya belum memahami sosial media. Yang kedepan nya penggunaan media sosial itu sangat penting digunakan, salah satunya bagaimana cara menggunakan sosial media dengan benar. Maka dari itu, disini kami selaku mahasiswa dari Universitas Pamulang, yang berkesempatan melakukan kegiatan PKM ini ingin memberikan ilmu kepada anak-anak Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya agar memahami pengaruh sosial media secara detail.

Program pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi dan memiliki sasaran utama yaitu Anak-Anak Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya dengan jumlah peserta 12 orang dengan rentang usia 9-16 tahun. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 06 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB dengan mengangkat tema “Sosialisasi Pengaruh Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak”.

Acara pertama yaitu sambutan dari dosen pembimbing Bpk. Indra Cahya Firdaus, S.pd, M.pd. Lalu di ikuti dengan sambutan dari perwakilan panitia Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya Bayu Nurangga,S.Kom dan yang terakhir sambutan dari ketua PKM Muhammad Daffa Saefudin

Kegiatan semua berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, anak-anak Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya terlihat sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini, kegiatanya antara lain penyampaian materi kemudian istirahat dan di lanjutkan dengan game kemudian pembagian hadiah, setelah semua kegiatan selesai dan ditutup dengan membaca doa.

Atas rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM) Universitas Pamulang kepada Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya selesai dilaksanakan, kami berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang, Dosen Pembimbing dan pantia Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas Tangerang Raya yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan PKM ini.

Salam Sejahtera

S1 Teknik Informatika, Universitas Pamulamg

Bagikan Artikel Ini