Beranda » Seberapa Penting Ulasan Produk bagi Calon Pembeli?

Seberapa Penting Ulasan Produk bagi Calon Pembeli?

Consumer reviews concepts with bubble people review comments and smartphone. rating or feedback for evaluate.innovation lifestyle
Perkembangan teknologi yang pesat, banyak orang di dunia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Internet. Bahkan bisa dikatakan saat ini hampir seluruh dunia tidak terlepas dari internet. Internet memainkan peran penting dalam kehidupan dan membuat pekerjaan lebih mudah. Adanya internet telah mengubah perilaku sebagian besar masyarakat, termasuk perubahan perilaku pembeli dimana yang semula membeli dari toko offline ke toko online atau e-commerce.
Apa itu e-commerce?
Menurut Wong (2010) e-commerce adalah proses jual beli dan memasarkan barang serta jasa melalui sistem elektronik, seperti radio, televisi dan jaringan komputer atau internet. Adanya e-commerce mempermudah pembeli, karena pembeli tidak perlu datang langsung ke toko, pembeli cukup membuka perangkatnya dan memilih produk atau jasa yang paling sesuai dengan keinginannya. Mulai dari pemilihan barang hingga kedatangan barang, pembeli hanya tinggal menunggu tanpa harus mengambilnya.
Dahulu, ketika orang ingin membeli suatu produk, mereka secara otomatis mencari informasi tentang tampilan fisik produk, kualitas bahan, nilai uang, layanan, dan lainnya secara langsung. Namun, ketika orang membeli produk dari toko online, mereka tidak dapat melihat secara fisik atau merasakan produk dan layanan penjual, sehingga pembeli mencoba untuk mendapatkan informasi tentang produk dan layanan yang mereka beli dari ulasan pembeli.
Kebanyakan orang hanya membeli secara online ketika mereka memilih produk yang tidak perlu mereka coba, dan keberadaan e-commerce tidak sepenuhnya mengubah sifat belanja online karena masih ada keraguan apakah produk tersebut akan dibeli cocok atau tidaknya dengan yang diinginkan pembeli, maka setelah membeli produk, pembeli juga membutuhkan pengalaman orang lain, seperti pengalaman pembeli lain, e-commerce menjawab keraguan tersebut dengan menyediakan kolom.
Apa itu ulasan produk?
Menurut Khammash (2008:79) dalam Kanitra & Kusumawati (2018) ulasan online (Online Customer Review) dapat dipahami sebagai salah satu media konsumen melihat review dari konsumen lain terhadap suatu produk, layanan perusahaan dan tentang bagaimana sebuah perusahaan produsen.
Ulasan produk merupakan referensi penting bagi calon pembeli. Ulasan produk juga berfungsi sebagai referensi bagi calon pembeli yang ingin mengetahui apakah suatu produk sesuai dengan harapan mereka.
Menurut Eliska Sri Putri Ningsih (2019) dalam penelitiannya menunjukkan hasil bahwa variabel review dan evaluasi pelanggan online secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Secara parsial variabel peringkat pelanggan online berpengaruh signifikan, sedangkan variabel peringkat tidak berpengaruh secara parsial.
Karena dari pengalaman saya sendiri, saya pasti membuka ulasan pembeli lain ketika ingin membeli produk atau jasa e-commerce. Itu karena ulasan produk dari pembeli mencerminkan kepuasan mereka secara keseluruhan, tidak hanya dengan produk tetapi juga dengan pengalaman pelayanan.
Bagikan Artikel Ini