Beranda » Seberapa Efektif Promosi Penjualan Melalui Tiktok?

Seberapa Efektif Promosi Penjualan Melalui Tiktok?

Aplikasi Tiktok merupakan sebuah media sosial dan platform video musik berasal dari Tiongkok yang dirilis pada September 2016. Selama periode kuartal pertama (Q1) 2018, tik tok menobatkan diri sebagai aplikasi paling banyak diunduh yakni 45,8 juta kali mengalahkan jumlah unduhan aplikasi populer lain yaitu Instagram, youtube, whatsapp, dan Facebook Messenger (Wijaya & Mashud, 2020). Pengguna aplikasi tik tok di Indonesia didominasi oleh kaum millennial, usia sekolah, atau biasa dikenal dengan generasi Z. Di tahun sebelumnya, aplikasi tik tok merupakan media digital berbasis video yang dikecam oleh masyarakat dan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi karena menyediakan konten yang negatif bagi anak-anak (Menkominfo, 2018).
Aplikasi tik tok sebagai tren dan populer di Indonesia setelah mengalami perubahan dan memiliki dampak yang signifikan di era digital ini, hampir seluruh masyarakat Indonesia telah menggunakan tik tok, hal ini khususnya dapat memberikan dampak positif sebagai media pemasaran. Dikutip dari (Endarwati, Esti Tri, and Yuni Ekawarti. “Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors.” Mandar: Management Development and Applied Research Journal 4.1 (2021): 112-120.) Sebanyak 60% responden menyatakan bahwa tik tok membuat kenaikan signifikan dalam omzet bisnisnya.
Dari segi penjualan, 40% responden menyatakan bahwa tik tok dapat menyampaikan informasi dengan baik, 56,67% responden yang menyatakan bahwa pembuatan konten promosi di tik tok sederhana dan mudah dimengerti. Lalu 46,67% responden menyatakan bahwa Komunitas pebisnis di tik tok sangat membantu dan menaikkan volume penjualan; dan 50% responden menyatakan bahwa tik tok lebih menjaga privasi, sehingga memberikan kemudahan dan rasa aman dalam berbisnis.  Sebanyak 60% responden menyatakan bahwa tik tok membuat kenaikan signifikan dalam omzet bisnisnya, Hal ini tentu sangat membantu para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya lewat tik tok dan memberikan kemudahan dan rasa aman dalam berbisnis. Dari data yang didapat membuktikan bahwa tik tok memiliki efektifitas tinggi dalam mempromosikan produk.
Bagikan Artikel Ini