Beranda » Pertunjukan Lenong Betawi

Pertunjukan Lenong Betawi

Teater Tradisional atau yang dikenal dengan istilah “Teater Daerah” merupakan suatu pertunjukan drama yang dimana para pemain berasal dari daerah setempat dengan membawakan cerita yang bersumber dari kisah-kisah yang sejak dulu mulai dan dirasakan sebagai milik sendiri bagi setiap orang di lingkungannya.

Salah satunya adalah Lenong. Lenong mulai berkembang akhir abad ke-19. Sebelum orang-orang mengenal Komedi Stambul dan Teater Bangsawan. Hampir di semua wilayah Jakarta ada perkumpulan atau grup Lenong.

Lenong bukan hanya sekedar hiburan semata namun sarana ekspresi perjuangan dan protes sosial. Lakonnya mengandung pesan moral, menolong yang kelemahan, membenci keserkahan dan perbuatan tercela. Hampir dalam semua lakonnya selalu muncul seorang yang berjiwa kesatria untuk membela rakyat kecil yang tertindas.Lenong pada umumnya menggunakan bahasa Betawi dalam pementasannya. Dengan menggunakan bahasa Betawi, terjadi keakraban antara pemain dan penonton. Banyaknya penonton yang memberi respon spontan dan pemain menanggapi. Dialog dalam lakon lenong umumnya bersifat polos dan spontan. Karena cerita yang dibawakan masalah sehari-hari, kostum/pakaian yang digunakan adalah pakaian sehari-hari.

Bagikan Artikel Ini