Beranda » Peran Bahasa, Sastra dan Politik di Masyarakat

Peran Bahasa, Sastra dan Politik di Masyarakat

Manusia merupakan mahluk sosial yang harus berinteraksi dengan sesamanya, mereka berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, manusia tidak mungkin bisa bertahan hidup sendiri tanpa adanya orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari manusia pasti mengenal bahasa, sastra serta politik.

Bahasa sendiri menjadi unsur paling penting yang mempengaruhi kehidupan manusia. Dimana bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Karena, bahasa sendiri menjadi alat komunikasi utama. Sebagai alat komunikasi, bahasa meliputi kata, kumpulam kata, klausa dan kalimat yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan.

Apa itu bahasa? Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Perkiraan jumlah bahasa di dunia beragam antara 6.000-7.000 bahasa. Bahasa indonesia memiliki dua kedudukan yang sangat penting, yaitu sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Bahasa juga merupakan bagian dari kemapuan manusia yang paling dasar, sekaligus menjadi ciri utama spesies Homo Sapiens. Peran bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sangat besar, bisa di artikan sebgai bahasa pemersatu bangsa. Kenapa?

Karena mayoritas penduduk Indonesia mengenal bahasa Indonesia, meskipun di indonesia sendiri banyak yang menggunakan bahasa dari suku masing-masing, tapi bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa yang utama. Selain itu dalam kehidupan manusia, bahasa juga terkait dengan sastra dan politik.

Sastra sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta yaitu Shastra, yang berarti “teks yang mengandung intruksi” atau “Pedoman”.

Sastra sebagai alat komunikasi bagi banyak orang yang memliki pengalaman yang hebat, pikiran – pikiran yang cermelang, dan perasaan – perasaan yang mendalam yang tidak mampu mengekspresikan keluar, jadi mereka mengekspresikan lewat karya sastra, yang akan diterima atau diketahui orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, sastra memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai kesenian dalam bidang rohani atau kejiwaan bagi para pencipta dan penikmatnya. Orang yang bisa mengeluarkan ekspresi yang ada dalam diri dan pikiran dalam bentuk karya seni dinamakan seorang sastrawan.

Sastra Juga memiliki peran penting dalam membentuk peradaban bangsa. Melalui karya sastra, seseorang tidak hanya mengembangkan imajinasi yang bisa digunakan untuk membangun bangsa, tetapi juga sebagai media untuk mewariskan nilai kearifan lokal untuk generasi muda. Kearifan lokal ini yang akan membentuk jati diri bangsa.

Perkembangan partai politik di Indonesia merupakan hal yang sudah lama dan menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesia itu sendiri yaitu sejak adanya penjajah Belanda datang ke Indonesia sampai saat sekarang pasca reformasi yang mana dinamika pergolakannya semakin tinggi. Peran partai politik di Indonesia mengalami banyak perubahan, dari mulai dibentuknya partai politik di Indonesia untuk pertama kali di zaman pergerakan nasional yang masih sebagai sarana sosiolisasi dan komunikasi politik.

Masyarakat politik adalah masyarakat yang sadar politik atau masyarakat yang keikutsertaan hidup bernegara menjadi penting dalam kehidupan sebagai warga negara. Masyarakat politik yang terdiri dari elit politik dan masa politik serta menjadi peserta rutin dalam kompetisi politik harus di bangun sebagai komponen masyarakat yang mempunyai etika politik dalam demokrasi.

Ciri- ciri masyarakat politik antara lain :

Dengan sadar dan sukarela menggunakan hak dan pilihnya dalam pemilu terutama dalam hak pilih aktif.

Bersifat kritis terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dengan sikap : menerima sebagaimana adanya, menolak dengan alasan tertentu, dan ada yang suka diam tanpa memberikan reaksi apa-apa.

Memiliki komitmen kuat terhadap partai politik yang menjadi pilihannya.

Partisipasi politik.

Yaitu kegiatan warganegara yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan politik.

Di atas merupakan beberapa ciri-ciri dari masyarakat politik yang harus kita ketahui.

Bagikan Artikel Ini